PENGARUH PLATFORM ZOOM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH KIMIA MIGAS SELAMA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Meita Rezki Vegatama Amiruddin .

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat seluruh sektor mengalami perubahan yang signifikan, tak ubahnya dnegan sektor Pendidikan. Berbagai upaya dilakukan demi terlaksananya proses pembelajaran dengan maksimal mesikupn dengan keterbatasan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan platform zoom terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah kimia migas di Sekolah Tinggi Teknologi Migas Balikpapan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Analisa uji t sebagai uji hipotesis didalamya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan nilai signifikansi uji t di bawah 0,05 maka penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan platform zoom memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah kimia migas. Hal yang sama ditemukan saat melakukan pengujian hipotesis terhadap hasil belajar, bahwa penggunaan platform zoom memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah kimia migas, hal ini juga ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang berada di bawah 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Ho yang mengatakan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan platform zoom terhadap motivasi dan hasil belajar ditolak, dan Ha yang mengatakan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan platform zoom terhadap motivasi dan hasi belajar diterima. 

Article Details

How to Cite
[1]
M. Vegatama and A. ., “PENGARUH PLATFORM ZOOM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH KIMIA MIGAS SELAMA PANDEMI COVID-19”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 369-374, Jul. 2021.
Section
Artikel

References

A.-H. : Jurnal, S. Islam, K. H. Lalu, G. Muhammad, and Z. Atsani, “TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19,” al-Hikmah J. Stud. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 82–93, Jul. 2020, Accessed: Jun. 03, 2021. [Online]. Available: http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905.
L. D. Herliandry, N. Nurhasanah, M. E. Suban, and H. Kuswanto, “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” JTP - J. Teknol. Pendidik., vol. 22, no. 1, pp. 65–70, 2020, doi: 10.21009/jtp.v22i1.15286.
U. Per, “ANALISIS DATA COVID-19 INDONESIA,” 2021.
A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,” BIODIK, vol. 6, no. 2, pp. 109–119, Jun. 2020, doi: 10.22437/bio.v6i2.9759.
H. Basri, L. Fathiyatus Sa, S. Nur Khasanah, and D. Hilmi, “EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA ONLINE DALAM,” Dec. 2020. Accessed: Jun. 03, 2021. [Online]. Available: http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/4205.
“The Cambodian experience: Exploring university students’ perspectives for online learning | Issues in Educational Research.” https://search.informit.org/doi/epdf/10.3316/informit.218482979009116 (accessed Jul. 15, 2021).
O. A. Pilkington, “Active Learning for an Online Composition Classroom: Blogging As an Enhancement of Online Curriculum:,” https://doi.org/10.1177/0047239518788278, vol. 47, no. 2, pp. 213–226, Jul. 2018, doi: 10.1177/0047239518788278.
B. H. Uno, “Teori Motivasi & Pengukurannya,” Pers. Rev., p. 8, 2014.
I. S. Anggraini, “MOTIVASI BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH: SEBUAH KAJIAN PADA INTERAKSI PEMBELAJARAN MAHASISWA,” Prem. Educ. J. Pendidik. Dasar dan Pembelajaran, vol. 1, no. 02, Nov. 2016, doi: 10.25273/pe.v1i02.39.
R. Yunitasari and U. Hanifah, “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 2, no. 3, pp. 232–243, Sep. 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i3.142.
A. M. Nasrah, “Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19,” J. Ris. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. oktober, pp. 207–213, 2020.
S. Nurhasanah and A. Sobandi, “MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 1, no. 1, p. 128, Aug. 2016, doi: 10.17509/jpm.v1i1.3264.
G. Far-Far, “Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” Istor. J. Pendidik. dan Sej., vol. 17, no. 1, pp. 1–7, 2021, doi: 10.31764/elementary.v4i1.3520.
D. Haqien and A. A. Rahman, “PEMANFAATAN ZOOM MEETING UNTUK PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19,” SAP (Susunan Artik. Pendidik., vol. 5, no. 1, Aug. 2020, Accessed: Oct. 28, 2020. [Online]. Available: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/6511.
“PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X1 IPA SMA NEGERI 2 SUNGGUMINASA (STUDI PADA MATERI POKOK ASAM-BASA) | Vegatama | Arfak Chem: Chemistry Education Journal.” http://journalfkipunipa.org/index.php/accej/article/view/73 (accessed Jul. 19, 2021).
“Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan - Asep Saepul Hamdi, E. Bahruddin - Google Buku.” https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=nhwaCgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR6&dq=metode+penelitian+eksperimen&ots=FEZ8Xhi7yr&sig=qSkjh8yggQGxmaBuHBDSAIgpWa8&redir_esc=y#v=onepage&q=metode penelitian eksperimen&f=false (accessed Jul. 15, 2021).
E. Susmiati, “Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga,” J. Paedagogy, vol. 7, no. 3, p. 210, Jul. 2020, doi: 10.33394/jp.v7i3.2732.
J. W. Kusuma and H. Hamidah, “PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN PLATFORM WHATSAPP GROUP DAN WEBINAR ZOOM DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMIK COVID 19,” JIPMat, vol. 5, no. 1, Apr. 2020, doi: 10.26877/jipmat.v5i1.5942.
N. L. Ulva, S. Kantun, and J. Widodo, “PENERAPAN E-LEARNING DENGAN MEDIA SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN KONSEP BADAN USAHA DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA,” J. Pendidik. Ekon. J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 11, no. 2, p. 96, Jan. 2018, doi: 10.19184/jpe.v11i2.6453.
A. Hamid, “Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Pemanfaatan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Tadulako,” Dec. 2020. Accessed: Jun. 03, 2021. [Online]. Available: http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jurpis/article/view/632.