ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN TAHUN AKADEMIK 2020/2021
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah Kimia Dasar di lingkungan FPMIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan tahun akademik 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan yang menjadi informan penelitian ini ialah mahasiswa semester I di Lingkungan FPMIPA Intitut Tapanuli Selatan sebanyak 130 mahasiswa yang diambil secara acak. Hasil penelitian persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah kimia dasar di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki persepsi negatif tentang pembelajaran kimia dasar berbasis daring. Hal ini dikarenakan sebagian besar mahasiswa kurang memahami materi pembelajaran secara daring yang disampaikan, cara penyampaian materi kimia dasar yang dipandang kurang menarik dan penilaian mahasiswa tentang pembelajaran berbasis online yang dianggap kurang efektif.
Article Details
References
Anugrahana, A. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Scholaria, Volume 10, Nomor 3, 282.
Azwar, S. 2010. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Enriquez, M. A. S. (2014). Students ’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress.
Hermida, P. A. 2020. College students’ use and acceptance of emergency online learning due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, Vol.7, No. 11 , 1-8.
Hutauruk, A., & Sidabutar, R. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. Jurnal of Mathematics Education and Applied, Volume 2, Nomor 1, 51.
Irawati, R., & Santaria, R. 2020. Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 265.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi . Jurnal PIAUD, Volume 4, Nomor 2, 5.
Kuntarto, E. 2017. Kefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Diperguruan Tinggi. Jurnal Indonesia Language Education adn Literature, 3(1), 102.
Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. 2020. Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ pada Masa Pandemi COVID-19. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 7, No. 2, 75-82.
Moloeng, L. J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education
Ningsih, S. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran pada MAsa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, Vol. 7, No. 2, 128.
Rigianti, H. 2020. Kendala Pemebelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjar Negara. Jurnal pendidikan dan pembelajaran ke-SD-an, Vol. 7, No. 2.
Setiono, P. Dkk. 2021. Analisis respon Mahasiswa terhadap Pelaksnaan Pembelajaran Daring. Jurnal Education and Development, Vol. 9, No. 20, 19-23
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sulistiyawati, E. 2020. Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta. IAIN Surakarta. Surakarta.
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020. 2020. Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia