PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAZINO TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Main Article Content

ujianhati zega

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas VIII SMP Negeri 1 Mazino, diperoleh informasi bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA-Biologi masih rendah yaitu 62,55 sedangkan KKM  mata pelajaran IPA-Biologi adalah 65. Kondisi ini disebabkan oleh guru menyampaikan materi pembelajaran secara verbal (ceramah) dan biasanya materi pelajaran yang disampaikan adalah materi yang sudah jadi, seperti data dan fakta, serta konsep-konsep tertentu yang harus di hafal sehingga siswa tidak berpikir aktif. Siswa cenderung pasif, tidak berani mengungkapkan pendapat atau pertanyaan.Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group to Group Exchangeterhadap hasil belajar IPA-Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mazino Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodequasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-A dengan jumlah siswa 26 orang dan kelas VIII-B dengan jumlah siswa 28 orang. Instrumen yang digunakan adalah, tes hasil belajar yang terbagi atas dua yaitu tes awal dan tes akhir dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilaksanakan dan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,07 dan ttabel = 1,67. Hal tersebut menunjukkan nilai thitung  ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh Model Pembelajaran Group to Group Exchange sebuah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas VIII SMP Negeri 1 Mazino Tahun Pembelajaran 2016/2017. Beberapa saran yaitu: (1) hendaknya guru mata pelajaran IPA-Biologi menerapkan Model Pembelajaran Group to Group Exchange sebuahsesuai dengan landasan teori untuk melaksanakan proses pembelajaran; (2) bagi peserta didik diharapkan untuk lebih aktif dalam belajar sehingga memperoleh hasil yang sangat memuaskan; (3) hendaknya hasil penelitian ini menjadi bahan perbandingan kepada peneliti selanjutnya.

Article Details

How to Cite
[1]
ujianhati zega, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAZINO TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 5, p. 8, May 2018.
Section
Artikel