PENGEMBANGAN KAMUS SAKU ARAB-INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB

Main Article Content

Rina Dian Rahmawati Kiki Suliyatun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa kamus saku Arab-Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab kelas 8 MTs dipondok pesantren An-Nashriyah. Dilengkapi dengan materi Mufrodat, Ibarot, Qiroah dan Qowaid. Model penelitian yang digunakan yaitu Research & Development. Metode pengumpulan data berupa pre tes, post tes dan menggunakan instrument penelitian berupa lembar validasi, lembar angket siswa dan uji siswa pada uji skala kecil dan uji skala lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) telah berhasil mengembangkan produk kamus  saku Arab-Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab kelas 8, (2) berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media, kamus ini memiliki kualitas sangat baik (SB), (3) berdasarkan uji coba skala kecil respon siswa terhadap produk yang dikembangkan adalah sangat setuju (SS), dan pada uji coba skala lapangan respon siswa terhadap kamus Arab-Indonesia untuk MTs kelas 8 dipondok pesantren An-Nashriyah adalah sangat setuju (SS)

Article Details

How to Cite
[1]
R. Rahmawati and K. Suliyatun, “PENGEMBANGAN KAMUS SAKU ARAB-INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 196-199, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Abd. Wahab Rosyidi & Mamluatul Ni’mah, (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: UIN-Maliki Press).
Al-Bashir Ahmad Abd Allah, Mudhakkirah Ta’lim al-Kalam, (Jakarta, Ma’had al-Ulum al-Islamiyah wa al-Arabiyahbi Indunisiya,tt)
Depdiknas, (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas
Fitria Rif’atul Azizah, Analisis Pemikiran Ibnu Khaldun Terhadap Direct Method Dalam Pembelajaran Bahasa Asing. (Cirebon: Skripsi IAIN Syekh Nurjati, 2016). Hal. 1.
M. Rizal Risqi (2021). Upaya meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab dengan menggunakan media flip chart bagi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah “Fadllillah”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab 2(1): 02
Huda, N., Islam, U., Sunan, N., Ulfah, N., Islam, U., & Sunan, N. (2019). Nurul Huda Nabilah Ulfah Nurul Huda , Nabilah Ulfah berdasarkan informasi suatu kajian . 2 Dari definisi tersebut kamus merupakan salah satu hal. Alfazuna : Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(1), 211–230. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/alfazuna/article/view/533
Sadiman Arif S, (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Saptiani (2016). Pengembangan media pembelajaran kamus tematik tiga bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) untuk menstimulasi kognitif anak usia dini. Jurnal pendidikan dan kebudayaan 1(2): 11
Setyosari Punaji, (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Jakarta : Prenamedia Group.
Taufiqurrahman, H.R. (2008). Leksikologi Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Pres.