ANALISIS HAMBATAN DALAM PEMBELAJARAN ON-LINE

Main Article Content

Sahrawi .

Abstract

Proses belajar mengajar dilaksanakan secara on-line setelah wabah virus corona menyebar keseluruh dunia. Pelaksanaan pembelajaran on-line tersebut memiliki dampak yang beraneka ragam bagi pendidik, peserta didik bahkan orang tua. Oleh karena itu, tujuan dari penelitiaan ini untuk mengetahui hambatan yang terjadi di dalam proses pembelajaran on-line. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kualitatif. Peneliti melakukan interview dan observasi lapangan terhadap beberapa guru, peserta didik dan orang tua. Penentuan sampel dilaksanakan secara purposive sampling. Data penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengatakan bahwa mereka merasa kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran on-line karena jaringan yang tidak stabil, fasilitas belajar yang tidak memadai, kuota internet yang mahal, tugas yang diberikan oleh guru lebih banyak. Guru harus mendesian ulang materi dan metode mengajar sedemikian rupa agar mudah dipahami, HP  menjadi penuh. Siswa cenderung merasa bosan dan stres karena aktifitas selalu dilaksanakan dari rumah. Peserta didik menjadi jarang melakukan interaksi secara langsung dengan teman sebaya. Sementara orang tua harus mendampingi anak mereka ketika mengerjakan tugas bahkan orang tua  harus belajar terlebih dahulu agar dapat menjelaskan materi dari guru.

Article Details

How to Cite
[1]
S. ., “ANALISIS HAMBATAN DALAM PEMBELAJARAN ON-LINE”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 12-15, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

Al Hakim,M.F. (2021). Peran Guru Dan Orang Tua: Tantangan Dan Solusi Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic COVID-19. Educational Journal Of History And HumanitIes, 1(1).
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3.
Imania, Kuntum An Nisa Dan Bariah S.H. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik. Vol 5, 31-47.
Mastura Dan Sanitaria,R (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pengajaran Bagi Guru Dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran. Volume 3, No 2
Rosaliza, M. (2015). Wawancara, Sebuah Interaksi Komunikasi dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya. Vol 11. No 2.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Simanjuntak, D.R., Ritonga,M.N., Harahap,M.S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Melaksanakan Pembelajaran Secara Daring Selama Masa Pandemi
Covid-19. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal). Vol. 3 . No. 3
Wahyuningsih, K.S.(2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pangkaja Vol. 24 No. 1