ANALISIS METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN HAMALATUL QUR’AN JOGOROTO JOMBANG

Main Article Content

Abd. Kholid Muhammad Shohibul Mafariech

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang tentang Metode dan Strategi pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto Jombang.Pertanyaan pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Metode yang diterapkan di Pondok pesantren Hamalatur Qur’an ? (2) Bagaimana strategi pembelajaran yang di terapkan di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an? (3) Bagaimana pengaruh Metode dan Strategi Pembelajaran ini terhadap keberhasilan hafalan santri? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subyek penelitian atau informan yang digunakan adalah pengasuh, Pengurus dan santri, hal itu dimaksudkan agar peneliti mendapatkan informasi yang tepat dan relevan. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah observasi langsung wawancara dan dokumentasi di pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto Jombang. Hasil penelitian ini adalah (1) Di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Menggunakan metode habituasi (pembiasaan), artinya para santri dibiasakan untuk berinteraksi dengan Al-Qur’an setiap waktu dengan segala bentuknya, mula dari muqorobah, sholat jamaah. (2)  Di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an menggunakan strategi Jogoroto (dijaga dan merata yaitu para santri di desain agar bisa menghafal Al Qur’an dalam waktu kurang dari 6 bulan. Tahapannya yakni Binadhor, kemudian dilanjut Bilghoib/tahfidz. (3) Peluang keberhasilan para santri dalam menghafal Al-Qur’an sangat tinggi sekali, karena menggunakan metode seperti bayi yang tidak bisa berbicara, terus menerus dibiasakan untuk berbicara sampai ia bisa bicara dan siapapun bisa. Sehingga tingkat keberhasilan santri menghafal dalam waktu 6 bulan bisa tercapai.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Kholid and M. Mafariech, “ANALISIS METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN HAMALATUL QUR’AN JOGOROTO JOMBANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 221-224, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Anitah, W. sri. (2013). Strategi Pembelajaran Tarannum. 15–75.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Mustafa. (2019). Pengaruh Metode Menghafal dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Menghafal Al-Qur’an. Journal of Islamic Educatioan, I(2), 389–400.
Sari, F. dan R. D. K. (n.d.). Strategi belajar & pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan bahasa. Jurnal Umj, 108–113.