PENERAPAN KURIKULUM PERPADUAN AGAMA DAN UMUM DI MAN 07 JOMBANG
Main Article Content
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dari tahun ketahun mengalami perkembangan dan perubahan mengikuti sesuai zamannya. Tujuan penelitian ini merupakan untuk mendeskripsikan penerapan perpaduan kurikulum agama dan umu di MAN 07 Jombang dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan perpaduan kurikulum agama dan umum disekolahan, serta melihat hasil kelulusan peserta didik disekolahan tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Informan dari penelitian ini yakni waka kurikulum, guru dan siswa MAN 07 Jombang. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data ini meyangkut tiga kegiatan yakni pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah tersebut sudah berusaha menerapkan kurikulum agama dan umum tetapi belum bisa menjalankan dengan maksimal, sebab masih banyaknya kegiatan – kegiatan tiap tahunnya, akan tetapi di sekolahan ini mempunyai program – program keunggulan seperti adanya pelatihan tata boga, tata busana, multimedia, hafalan juz 30, adiwiyata, pelatihan pembuatan paving dan batako, dan masih banyak kegiatan- kegiatan yang unggul dari sekolah yang lainnya. Itu semua diikuti oleh peserta didik kelas XI semua.
Article Details
References
Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam (Jakarta Ciputat Pers, 2002)
Lexy J. Moloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2006), hl 6
Syaifuddin Nurdin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, ( Jakarta : Ciputat Press, 2002) hl. 33