EFFEKTIVITAS PENGEMBANGAN E-MODUL BERBENTUK ONLINE FLIPBOOK PADA MATERI AKSARA JAWA KELAS X SMK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang efektifitas pengembangan e-modul berbasis online fllipbook dalam kegiatan pembelajaran bahsa Jawa dengan materi Aksara Jawa. Tujuan dalampenelitian ini anatra lain untuk mengetahui keefektifan penggunaan e-modul dan juga kevalidan pengembangan e-modul berbasis online book pada mata pelajaran bahasa Jawa dan materi aksara Jawa. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X di SMK PGRI 2 Kediri yang diambil sebanyak 3 kelas untuk uji coba. Pengembangan e-modul aksara jawa berbentuk online flipbook menggunakan metode pengembangan Borg and Gall yang dipadukan dan disesuaikan dengan pedoman penyusunan e-modul yang ditebitkan oleh kemendikbud. Hasil pengembangan berupa sebuah e-modul yang dibentuk online flipbook dan bisa dbagikan dengan cara membagikan link s.id dan barcode. Hasil pengembangan e-modul aksara Jawa atau Moksa memperoleh nilai validasi sebesar 88,70% untuk materi dan 92,14% untuk media/desain sehaingga memperoleh kriteria sangat baik. Keefektifan e-modul aksara Jawa secara rata-rata pada ketiga kelas mendapat 0,72 nilai N-gain atau mengalami peningkatan dengan kategori tinggi.
Article Details
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.
Daryanto, D. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdikbud. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2013. Panduan Pengembangan E-Modul. Jakarta: Depdiknas
Gubernur Jatim. 2014. Peraturan Daerah No 19 Tahun 2014 tentang Mata Pelajaran Bahasa Daerah Sebagai Muatan Lokal Wajib di Sekolah/Madrsah. Surabaya: Pemerintah Provinsi Jawa Timur
Igiri, C. E., & Effiong, O. E. 2015. Impact of instructional materials in teaching and learning of biology in senior secondary schools in Yakurr LG A. International Letters of Social and Humanistic Sciences, 62, 27-33. https:// doi.org/10.18052/www.scipress.com/ILSHS.62.27
Jamilah , N., Mulawarman, W. G., & Hudiyono, Y. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif ‘POST’ dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi untuk Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 14-23. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.28
Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47-65. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.22
Kemendikbud. 2014. Permendikbud no 79 tahun 2014 tentang Muatan Lokal. Jakarta: Depdikbud
Kemendikbud. 2016. Permendikbud no 34 Tahun 2018. Jakarta: Depdikbud
Kemendikbud. 2018. Peningkatan Proses Pembelajaran dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Mudlofir, Ali . 2012. Pendidik Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Nasution. 2011. Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT Bumi Aksara
Padmosoekotjo, S. 1992. Wewaton Panulisane Basa Jawa nganggo Aksara Jawa. Surabaya: PT Citra Jaya Murti
Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sodiq, Syamsul. 2010. Pengembangan Materi Pendidikan Kecakapan Hidup pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Literasi (Disertasi). Surabaya: Unesa
Sukmadinata, Nana Syaodih, 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya,cet kedua.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tomlinson, Brian. 2013. Developing Materials for Language Teaching. London: Blomsbury
Widodo, C. dan Jasmadi. 2008. Buku Panduan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.