MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SECARA DARING DI SMP Motivation to learn

Main Article Content

Asih Riyanti Mutiara Anggaini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daan mendeskripsikan mengenai kondisi objektif motivasi yang dialami siswa SMP dalam pembelajaran Bahasa Indonesia secara daring pada masa pandemi covid-19. Penelitian dilakukan di SMP Tarakan Kalimantan Utara Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dan didapatkan empat SMP masing-masing 30 siswa dengan jumlah total keseluruahan sampel adalah 120 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Angket dibuat dengan google form. Tenik analisis data yaitu menghitung persentasedari setiap indikator kategori dan aspek motivasi belajar.Langkah selanjutnya skor persentase data diinterpretasi. Setiap indikatornya dianalisis secara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa SMP kelas VIIIdi Tarakan Kalimantan Utara kategori sedang. Hal ini dapat diketahui dari kategori sedang sebanyak 74 siswa dari 120 siswa, sementara dari skor persentase motivasi dengan aspek ARCS paling tinggi adalah aspek satisfactionsebanyak 28%. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi berbagai pihak yang terkait dalam menyelenggarakan pembelajaran daring di SMP agar pelaksanaannya lebih optimal.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Riyanti and M. Anggaini, “MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SECARA DARING DI SMP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 521-529, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Almeida, F., & Simoes, J. (2019). The Role of Serious Games, Gamification and Industry 4.0 Tools in the Education 4.0 Paradigm. Contemporary Educational Technology, 10(2), 120–136. https://doi.org/10.30935/cet.554469
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian. Jakarta: Kencana.
Baharudin H & Nisa N W. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Crews, J., & Parker, J. (2017). The Cambodian Experience: Exploring University Students’ Perspectives for Online Learning. Issues in Educational Research, 27(4), 697–719.
Denker, K. J. (2013). Student Response Systems and Facilitating the Large Lecture Basic Communication Course: Assessing Engagement and Learning. Communication Teacher, 27(1), 50–69. https://doi.org/10.1080/17404622.2012.730622
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Ha, Y., & Im, H. (2020). The Role of an Interactive visual Learning Tool and its Personalizability in Online Learning: Flow Experience. Online Learning Journal, 24(1), 205–226. https://doi.org/10.24059/olj.v24i1.1620
Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan (E-Education). 2(1). https://doi.org/10.31219/osf.io/ycfa2
Jenkins, K. D. (2018). Understanding Teacher Beliefs and Instructional Decision Making Concerning Disciplinary Literacy: The Case of Secondary Teachers in an Urban School. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 17(1), 175–196. https://doi.org/10.26803/ijlter.17.1.11
Keller, J. M. (1987). Development and use of the ARCS model of instructional design. Journal of Instructional Development, 10(3), 2–10. https://doi.org/10.1007/BF02905780
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261
Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667
Kurniawan DE, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring (Online) di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Tingkat Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Education and Development, 9(2), 47–51. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.
Libao, N. J. P., Sagun, J. J. B., Tamangan, E. A., Pattalitan, A. P., Dupa, M. E. D., & Bautista, R. G. (2016). Science learning motivation as correlate of students’ academic performances. Journal of Technology and Science Education, 6(3), 209–218. https://doi.org/10.3926/jotse.231
Nugraha, D. Y., & Nugraha, D. & W. (2021). The Correlation between Learning Motivation and Learning Outcomes on. Jurnal Education and Development, 6(1), 157–166. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v9i2
Nuttin J. (2014). Future Time Perspective and Motivation: Theory and Research Method. Psychology Press.
Pintrich, P. R. (2000). An Achievement Goal Theory Perspective on Issues in Motivation Terminology, Theory, and Research. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 92–104. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1017
Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140
Rizwan, M., Tariq, M., Hassan, R., & Sultan, A. (2014). A Comparative Analysis of the Factors Effecting the Employee Motivation and Employee Performance in Pakistan. International Journal of Human Resource Studies, 4(3), 35. https://doi.org/10.5296/ijhrs.v4i3.5873
Setiono, P., Dadi, S., Yuliantini, N., Anggraini, D., & Bengkulu, U. (2021). Analisis Respon Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring. Jurnal Education and Development, 9(2), 19–23. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.