PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA PADA MATERI POKOK UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BATANG ONANG

Main Article Content

Ali Padang Siregar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang sejauh mana pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar siswa materi pokok Unsur-Unsur Kebudayaan. Populasi dalam penelitian ini adalah: seluruh Kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang sebanyak 4 (empat) kelas dengan jumlah 112 siswa. Untuk menentukan besarnya sampel dalam penelitian ini, maka teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik random sampling. Oleh karena itu sampel yang ditetapkan penulis dalam penelitian ini 30 % dari jumlah populasi yaitu sebesar 35 orang.


Berdasarkan hasil analisis deskriptif model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,85 apabila dikonsultasikan dengan kriteria penilaian yang ditetapkan maka nilai tersebut masuk pada kategori “Baik”. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa materi pokok Unsur-Unsur Kebudayaan sebelum menggunakan model pembelajaran Koopratif Tipe STAD diperoleh nilai sebesar 65,14 apabila nilai tersebut dikonsultasikan pada kriteria penilaian yang ditetapkan masuk pada kategori “Cukup”. Kemudian hasil belajar siswa materi pokok Unsur-Unsur Kebudayaan sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,86 apabila nilai tersebut dikonsultasikan dengan kriteria penilaian yang ditetapkan masuk pada kategori “Baik”.


Dari perhitungan diperoleh t-hitung = 2,65, bila dibandingkan dengan t-tabel pada tingkat kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = n – 2 = 35– 2 = 33. Dari daftar distribusi didapat ttabel = 1,69. Berdasarkan kriteria pengujian maka Ho di tolak jika thitung  > t-tabel. Ternyata t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 2,65 > 1,69. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Unsur-Unsur Kebudayaan di Kelas XI SMA Negeri 1 Batang Onang dengan kata lain hipotesis yang di ajukan dapat diterima atau di setujui. Artinya tinggi-rendahnya Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Unsur-Unsur Kebudayaan dipengaruhi oleh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD khususnya di Kelas XI SMA Negeri 1 Batang Onang.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Siregar, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA PADA MATERI POKOK UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BATANG ONANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 4, no. 2, p. 25, Jun. 2018.
Section
Artikel