PENERAPAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Wiwik Endang Setyawati Wiryanto . Rooselyna Ekawati

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menerapkan pendekatan open-ended pada materi volume balok untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Kreativitas merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki dan ditingkatkan oleh siswa  oleh siswa pada abad 21.Dengan adanya peningkatan kreativitas siswa, diharapkan juga dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan kreativitas matematika siswa kelas V dengan menggunakan pendekatan Open-Ended; (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V dengan menggunakan pendekatan Open-Ended. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment yang memakai rancangan one group pretest-posttest design, yaitu eksperimen yang hanya dilakukan pada satu kelompok tanpa adanya kelompok pembanding.Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas V sekolah dasar.Instrumen pada penelitian ini menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, tes kreativitas, dan tes hasil belajar. Data pada penelitian akan dianalisis menggunakan korelasi product moment untuk mengetahui validitas butir soal. Uji reliabilitas butir soal menggunakan rumus Cronbach’s Alpha, sedangakan peningkatan kreativitas dianalisis menggunakan gain score ternormalisasi. Penelitian ini menghasilkan data tentang peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa.Peningkatan kreativitas siswa dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil perhitungan gain score menunjukkan nilai sebesar 0,72 atau terjadi peningkatakn sebanyak 72% yang tergolong peningkatan kategori tinggi. Pada tes hasil belajar, juga tejadi peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 10% menjadi 87%. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa (1) pendekatan Open-Ended dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas matematika siswa dari kategori cukup kreatif menjadi kreatif dan sangat kreatif; (2) pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu sebesar 77% yang diambil dari data pretest dan posttest.

Article Details

How to Cite
[1]
W. Setyawati, W. ., and R. Ekawati, “PENERAPAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 467-472, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Becker,J.P & Shimada, S. (1997). The Open-ended Approach: New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: NCTM
Djamarah, Syaiful Bahri. (2012). Psikologi belajar.Jakarta : Rineka Cipta.
Fatah, Abdul., Suryadi, Didi., Sabandar, Jozua., Turmudi. (2016). Open-Ended Approach: an Effort in Cultivating Students Mathematical Creative Thinking Ability and Self-Esteem in Mathematics. Journal on Mathematics Education. Volume 7, No. 1, pages 11-20.
Khabibah, S. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi yang tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
Mahmudi, Ali. (2008). Mengembangkan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Munandar, S.M. (1995). Ilmu Sosial Dasar. Bandung: Eresco.
Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurlita, Maya. (2015). Pengembangan Soal Terbuka (Open-ended Problem) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 10(1)
Purwanto.(2009). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Siswono, Tatag Yuli Eko. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sutiah.(2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Tung, Khoe Yao dan Wiliani, Lili. (2016). Jawara Olimpiade Matematika dengan Metode Open Ended Approach untuk SMA. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Widhitama, Yukhe Nodya. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Pecahan untuk Melatih Kreativitas Siswa Kelas III SD. Surabaya:Universitas Negeri Surabaya. (6091)