PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V SDN GELURAN 1 TAMAN

Main Article Content

Aneng Fitriya Astutik Rusijono . Agus Suprijono

Abstract

Penelitian ini bertujuan  meliputi (1) Menguji kelayakan media komik digital dalam pembelajaran IPS untuk penguatan pendidikan karakter; (2) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap manfaat media komik digital pada pembelajaran IPS; (3) Mendeskripsikan dampak penggunaan media komik digital terhadap capaian pembelajaran sebagai penguatan pendidikan karakter. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D meliputi empat tahap yaitu Define, Design, Development and Dissemination. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Geluran I Taman. Instrumen menggunakan angket validasi, observasi keterlaksanaan dan aktivitas siswa, angket respon siswa dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, yaitu: 1) kevalidan produk dapat dilihat dari hasil validasi oleh validator ahli materi mendapatkan presentase 96%, ahli media mendapatkan presentase 100%  dan angket penguatan karakter mendapatkan skor 89% dalam kriteria sangat baik, 2) kepraktisan produk dilihat dari hasil respon siswa meliputi uji coba perorangan mendapatkan persentase 87%, uji coba kelompok kecil mendapatkan 84% dan uji coba lapangan mendapatkan skor 85% kategori sangat baik, 3) keefektifan produk dilihat dari perbedaan hasil angket penguatan nilai-nilai karakter. Pada kelas eksperimen memperoleh nilai n-gain sebesar 0,55 dengan kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai n-gain sebesar 0,28 dengan kategori rendah. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik digital yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPS sebagai penguatan karakter peserta didik.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Astutik, R. ., and A. Suprijono, “PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V SDN GELURAN 1 TAMAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 542-554, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Agung, L. (2018). Character Education Integration in Social Studies Learning. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 12 (2), 392. https://doi.org/10.17509/historia.v12i2.12111.
Azhar, A. (2019). Media pembelajaran. Depok : PT. Raja Grafindo Persada.
Banks, J. A., & Clegg, J. A. A. (1990). Teaching Strategies for the Social Studies: Inquiry, Valuing, and Decision-Making. Fourth Edition. New York: Longman
Black, P. L. (1979). Social Studies For Our Times Richard E. Gross, Rosemary Messick, June R. Chapin, & Jack Sutherland. New York: John Wiley and Sons, 1978. Journal of Teacher Education. https://doi.org/10.1177/002248717903000213
Bulach, C. R. (2002). Implementing a Character Education Curriculum and Assessing Its Impact on Student Behavior. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas. https://doi.org/10.1080/00098650209604954
Combs, J., & Education, E. (2003). Creating comics: Visual and verbal thinking in the ultimate show and tell. Retrieved July. http://www.janettekennedy.com/599site/combsproject.pdf
Dadang Suprianta. (2009). Pengenalan Media Pembelajaran. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa
Dale, Edgar. (1969). Audio Visual Methods in Teaching. New York: Holt, Rinehart and Winston Inc.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Dharma Kesuma, Cepi Triatna & Johar Permana. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.
Eccles, J. S. (1999). The development of children ages 6 to 14. The Future of Children, 9 (2), 30-44. https://doi.org/10.2307/1602703
Gumelar, M.S. (2011). Comic Making. Jakarta: PT Indeks.
Heinich, Molenda & Russel. (1996). Instructional Media and New Technologies of Instruction. Englewood Cliff, New Jersey: Prentice Hall
Hidayah, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar.
Jarolimek & Parker. (1993). Social Studies in Elementary Education 5 th. New York: Mc Millan Publishing, Ltd.
Kong, S. C. (2014). Developing information literacy and critical thinking skills through domain knowledge learning in digital classrooms: An experience of practicing flipped classroom strategy. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.05.009
Lawhon, D. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14 (1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Maharsi, I. (2010). Komik Dunia Kreatif Tanpa Batas. Yogyakarta: Kata Buku.
Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. (Jakrta : Bumi Aksara, 2011)
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education, 14 (2), 129-135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.
Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The development of gravity comic learning media based on gorontalo culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344
Palunga, R., & Marzuki. (2017). Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 7 (1), 109-123
Prado, C. C., De Sousa Junior, C. E., & Pires, M. L. (2017). Histórias em quadrinhos: uma ferramenta para a educação e promoção da saúde. Revista Eletrônica de Comunicação, Informação e Inovação Em Saúde, 11 (2), 1–12.
Pribadi, R. B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rasiman, & Pramasdyahsari, A. S. (2014). Development of Mathematics Learning Media E- Comic Based on Flip Book Maker to Increase the Critical Thinking Skill and Character of Junior High School Students. International Journal of Education and Research, 2 (11), 535-544.
Riduwan. (2012). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Rina, N., Suminar, J. R., Damayani, N. A., & Hafiar, H. (2020). Character education based on digital comic media. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(3), 107–127. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i03.12111
Rosyid, Moh. Zaiful., Halimatus Sa’diyah, dan Nanda Septiana. (2019). Ragam Media Pembalajaran. Malang : Literasi Nusantara.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanderse, W. (2013). The meaning of role modelling in moral and character education. Journal of Moral Education, 42 (1), 28–42. https://doi.org/10.1080/03057240.2012.690727.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3 (1), 8–19.
Sofan Amri, dkk. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakrata : Prestasi Pustaka Raya: 2011).
Sri Narwanti. (2011). Pendidikan Karakter. Yogyakarta : Familia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138
Susanto, A. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. In Jakarta : Prenadamedia Group.
Swandi, I. W., Wibawa, A. P., Pradana, G. Y. K., & Suarkad, I. N. (2020). The digital comic Tantri Kamandaka: A discovery for national character education. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13 (3), 718–732.
Thiagarajan, Sivasailam, Dorothy S. Semmel & Melvyn I Semmel. (1974). Instructional Development for Training Theacher of exceptional Children. Minnesota: Indiana University.
Winarto, K., Ardiyansyah, U., Wilujeng, A., & Sukardiyono, I. (2018). Pocket Book Based on Comic to Improve Conceptual Understanding of Child Sex Abuse (CSA): A Case Study of Elementary School. International Journal of Instruction, 11 (4), 889– 900.