ANALISIS KEBUTUHAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH (KBM) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA MELALUI FILM DOKUMENTER TERSELEKSI UNTUK MENDUKUNG INTEGRASI BANGSA

Main Article Content

Siti Aisyah Heri Effendi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan model pembelajaran kontekstual berbasis masalah dalam pembelajaran sejarah di SMA melalui film dokumenter terseleksi untuk mendukung integrasi bangsa melalui analisis studi literatur dan survei lapangan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan (1) Studi literatur yang dilakukan meliputi dua hal yaitu analisis kurikulum dengan mengkaji Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 mengenai kurikulum 2013 untuk mengetahui kebutuhan kurikulum pada mata pelajaran sejarah terkait model pembelajaran dan analisis teoretis dengan mengkaji beberapa literatur mengenai model pembelajaran dan karakteristik mata pelajaran sejarah yang digunakan dalam mendukung pengembangan model pembelajaran (KBM). (2) Survei lapangan dilakukan melalui wawancara dengan guru mata pelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas Negeri 2, Sekolah Menengah Atas Negeri 3 dan Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Padangsidimpuan. Pada intinya guru telah melaksanakan pembelajaran berbasis contektual , tetapi tidak didasari pada pemahaman pelaksanaan pendidikan. (3) Dirumuskan sintak model pembelajaran (KBM) yakni (1) Student orientation, (2) Visualization Problem , (3) Relating, (4) Experience, (5)  Applying, (6) Cooperating, (7) Transferring, (8) Clarification.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Aisyah and H. Effendi, “ANALISIS KEBUTUHAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH (KBM) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA MELALUI FILM DOKUMENTER TERSELEKSI UNTUK MENDUKUNG INTEGRASI BANGSA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 609-614, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Agung S. L dan Sri Wahyuni. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Ahyani, N. (2017, December). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBA.
Alfian, M. (2011). Pendidikan Sejarah dan Permasalahan yang Dihadapi. KHAZANAH PENDIDIKAN, 3(2).
https://www.hetanews.com/article/90067/dua-pelaku-penganiayaan-tewaskan-siswa- smkn-2-padangsidimpuan-akhirnya-ditangkap.
Chang'ach, J. K. (2011). History Teaching in Kenyan Secondary School, for Peace, Reconciliation and National Integration. Online Submission. https://eric.ed.gov/?id=ED527674.
Cunino, MA. Nasionalisme, toleransi, dan kepemimpinan Pada buku teks pembelajaran sejarah SMA HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, Vol. II, No. 1 (Oktober 2018).
Dewicca dkk. 2018. The Living History Approach to Improve the Empathy in Historical Learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. Volume 5, Issue 3 June, 2018 ISSN 2364-5369. PP 77-80 https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/175/.
Dwiyogo. 2014. Konsep Penelitian dan Pengembangan. Malang: Pusat Kajian Kebijakan Olah raga.
Fajri 2011. Jurnal Agastya. Pengembangan Nilai-nilai Integritas dan Identitas Nasional dari Perspektif Pendidikan. Volume 01 nomor 2 [tersedia] link http://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/3115.
Grendi. 2007. Nasionalisme VS Globalisasi Hilangnya Semangat Kebangsaan dalam Peradaban Modern Volume 1 nomor 1. Dimensia.
Griffin, P., & Care, E. . (2015). Assessment and teaching of 21st century skills: method and approach . New York: Springer.
Hasan. S.H. 2019. Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad Ke 21. HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, Vol. II, No. 2 (April 2019) http://ejournal.upi.edu/index.php/historia/issue/view/Pendidikan%20Sejarah%20abad%2021.
Joko. 2006. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Joko Suyono. 2013. Pembelajaran Sejarah di Sekolah dari Pragmatis ke Idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya. Tahun Ketujuh No 1.
Jumono. 2012.Manajemen Pembelajaran Sejarah Berbasis Multimedia di SMA Negeri 1 Boja Kendal. Skripsi tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Lemke, C. (2003). enGauge 21st century skills: Digital literacies for a digital age. Naperville, IL: North Central Regional Education Lab.
Muchammad Eka. 2018. Exploring Teachers’ Perception on the Teaching of Multicultural-based Religious Education. Dinamika Ilmu. Vol.18 No. 2, 2018. doi: http://dx.doi.org/10.21093/di.v18i2.1155.
Musadad, A. A. (2016). Model Manajemen Pembelajaran Sejarah Terintegrasi Pendidikan Multikultural untuk Membangun Wawasan Kebangsaan. Paramita: Historical Studies Journal, 25(2), 247-260.
Nana Supriatna. 2019. Pengembangan Kreativitas Imajinatif Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Sejarah. HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, Vol. II, No. 2 (April 2019).
Ranti. 2012. Pembelajaran Sejarah: Permasalahan dan solusinya. Vol 1.No. 1.
Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018, October). Pendidikan multikultural: penguatan identitas nasional di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin (Vol. 1, pp. 44-50).
Robingun Suyud. 2017 Prophetic Leadership: The Leadership Model of Prophet Muhammad in Political Relation of Social Ummah. Jurnal Pendidikan Islam :: Volume 6, Nomor 2, December 2017/1439. DOI : 10.14421/jpi.2017.62.371-396
https://www.gosumut.com/berita/baca/2017/05/27/tawuran-5-remaja-diamankan-polres-sidimpuan
https://www.gosumut.com/berita/baca/2017/05/27/tawuran-5-remaja-diamankan-polres-sidimpuan.