AN ANALYSIS OF STUDENTS’ DIFFICULTIES ON READING COMPREHENSION OF DESCRIPTIVE TEXT AT THE EIGHTH GRADE OF SMP NEGERI 2 BARUMUN TENGAH IN 2020/2021 ACADEMIC YEAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: 1) kesulitan pemahaman membaca teks deskriptif yang dihadapi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Barumun Tengah tahun ajaran 2020/2021, 2) faktor kesulitan pemahaman membaca teks deskriptif yang dihadapi. oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Barumun Tengah tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Triangulasi digunakan untuk memeriksa keabsahan data . Hasil penelitian ini adalah 1) kesulitan siswa dalam memahami bacaan teks deskriptif sangat buruk dengan skor rata-rata 31,87% persentase salah pada ide pokok 22,93%, salah pada informasi spesifik 15,60%, salah dalam kosakata 26,60%, salah referensi 19,27%, salah menyimpulkan 15,60%. 2) Faktor-faktor kesulitan siswa adalah motivasi siswa dalam membaca pemahaman teks deskriptif sangat rendah, alat bantu belajar siswa sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran, lingkungan belajar siswa sangat berpengaruh terhadap kesulitan membaca siswa.
Article Details
References
Etfita, Fauzul. 2016. Improving Students’ Reading Comprehension Of Descriptive Texts Through Cognitive Strategy. J-SHMIC. Volume 2 Number 2 Year 2016: 22-35.
Irwanto and Sitti Nurpahmi. 2017. Using Make-A Match To Improve The Students’ Reading Comprehension At MTS Guppi Samata Gowa. Journal UIN Alauddin Makasar. Volume 3 Number 02 Year 2017: 161-172.
Kartawijaya, Surakarta. 2017. Analysis Of The Students’ Reading Comprehension In Comprehending Descriptive Text. Journal Curricula. Volume 2 Number 3 Year 2017: 80-87.
Klinger et al. 2002. Teaching Reading Comprehension to Students with Learning Difficulties. New York: The Guildford Press.