PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH (MBR) DI JOMBANG PADA MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Khotim Fadhli Mahmudah Mahmudah Robiatul Usluhiyah Bekti Widyaningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Jombang pada masa pandemi covid-19. Teknik analisis data yang digunakan antara lain adalah uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda serta uji hipotesis. Data yang digunakan yakni data primer yang bersumber dari penyebaran kuisioner kepada konsumen perumahan PT. Putri Aida Bersaudara Jombang yang berjumlah 40 responden yang melakukan pembelian rumah tipe kecil atau KPR bersubsidi pada masa pandemi covid-19. Proses pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 26. Hasil penelitian diperoleh bahwa harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Jombang pada masa pandemi covid-19. Promosi juga memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Jombang pada masa pandemi covid-19. Hasil uji F yang bertujuan mengetahui pengaruh semua variabel X kepada variabel Y secara bersama-sama, diperoleh hasil bahwa harga dan promosi secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Jombang pada masa pandemi covid-19


Kata Kunci: harga, promosi, dan keputusan pembelian

Article Details

How to Cite
[1]
K. Fadhli, M. Mahmudah, R. Usluhiyah, and B. Widyaningsih, “PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH (MBR) DI JOMBANG PADA MASA PANDEMI COVID-19”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 5-11, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

Fadhli, K., Himmah, S. R., & Taqiyuddin, A. (2021). ANALISIS PERUBAHAN POLA KONSUMSI MASYARAKAT PENERIMA BANTUAN SOSIAL PADA MASA PANDEMI COVID-19. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(3), 110–117. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2777
Fadhli, K., Maghfiroh, V. F., & Munawaroh, S. (2021). PENGARUH PEMANFAATAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI KABUPATEN JOMBANG PADA MASA PANDEMI COVID-19. JPEKBM, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32682/jpekbm.v5i1.1978
Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603–612. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.684
Fahimah, M., & Sholikhah, M. (2020). PENGARUH HARGA, DESAIN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN (Studi kasus pada Firdaus Mansion Jombang). MARGIN ECO, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32764/margin.v4i1.893
Fauzian, R. (2020, November 12). Penjualan Rumah Tipe Besar dan Kecil Loyo selama Pandemi. Medcom.Id. https://www.medcom.id/properti/news-properti/eN4ZJYOk-penjualan-rumah-tipe-besar-dan-kecil-loyo-selama-pandemi
Ismail, A. N., Azzahro, S., Fadhli, K., & Ni, A. (2021). Sustainability of Batik Sekar Jati Star Jombang Business in Building Creative Economy in The New Normal Era. 1(1), 1–4. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/jurnal_penelitian/article/view/1374
Kemenkeu, D. A. (2015). Peranan APBN Dalam Mengatasi Backlog perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip Prinsip Pemasaran (13 (1)). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). MANAJEMEN PEMASARAN (13th ed.). Erlangga.
Rangkuti, F. (2009). The Power of Brands Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek plus Analisis Kasus dengan SPSS. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, D. (2002). Metode Penelitian Bisnis: Bandung, CV. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran. Penerbit Andi.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Service, Quality Satisfaction. Andi Offset.
Utami, A. B., Hamid, F. Z., & Onida, M. (2015). PENGARUH HARGA, PENDAPATAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI D’KRANJI RESIDENCE TAHAP II BEKASI BARAT. Epigram, 12(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32722/epi.v12i2.720
Walukow, A. L. P., Mananeke, L., & Sepang, J. (2014). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI BENTENAN CENTER SONDER MINAHASA. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1737–1749.
Wariki, G. M., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). PENGARUH BAURAN PROMOSI, PERSEPSI HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUMAHAN TAMANSARI METROPOLITAN MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.3.2.2015.9286