PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK, PROMOSI JABATAN DAN HUBUNGAN INTERPERSONAL TERHADAP KEPUTUSAN KERJA PEGAWAI DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK, KELUARGA BERENCANA, PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN NIAS

Main Article Content

Indah Permata Sari Lase

Abstract





 






Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Lingkungan kerja fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Nias. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,623. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 8,518 > ttabel sebesar 1,988. Artinya apabila lingkungan kerja fisik meningkat sebesar 0,623 satuan, maka kepuasan akan menigkat sebesar 0,623 dalam setiap satuannya. Kedua promosi jabatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Nias. Hal ini ditujukan dengan nilai koefisien sebesar 0,216. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,893 > ttabel 1,988. Artinya, apabila kepemimpinan meningkat meningkat sebesar 0,216 satuan, maka kepuasan kerja akan meningkat sebesar 0,216 dalam setiap satuannya. Ketiga hubungan interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Nias. Hal ini ditujukan dengan nilai koefisien sebesar 0,162. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 2,057 > ttabel sebesar 1,988. Artinya, apabila budaya organisasi meningkat sebesar 0,162 satuan, maka budaya organisasi akan meningkat sebesar 0,162 dalam setiap satuannya. Keempat Lingkungan kerja fisik, promosi jabatan dan hubungan interpersonal secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Nias. Dimana diperoleh nilai Fhitung 80,931 > Ftabel 2,71 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 <  = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.

Article Details

How to Cite
[1]
I. P. Lase, “PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK, PROMOSI JABATAN DAN HUBUNGAN INTERPERSONAL TERHADAP KEPUTUSAN KERJA PEGAWAI DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK, KELUARGA BERENCANA, PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN NIAS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 600-602, May 2021.
Section
Artikel

References

Aribowo. (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT.Rajagrafindo.
Dubrin, A. J. (2005). leadership(terjemahan). Jakarta: Prenada Media.
Handoko, T. H. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Hasibuan, Malayu, S. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revi). Jakarta.
Hendra, Made Gery Dwi. (2011). Pengaruh Motivasi dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Raharja Cabang BAI.
Ghozali, Imam. 2011. Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Idris . 2010 . Aplikasi Model Analisis Data Kuantitatif Dengan Program SPSS. Padang : FE UNP.