KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TELUKDALAM

Main Article Content

Bimerdin Daely

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan siswa dalam menulis huruf kapital, mendeskripsikan kesalahan ejaan siswa dalam menulis tanda baca titik, mendeskripsikan kesalahan ejaan siswa dalam menulis kata depan, dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab kesalahan penulisan ejaan yang dilakukan siswa. Penelitian dilakukan di kelas VII-A yang terdiri atas 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes unjuk kerja dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Kesalahan penggunaan ejaan dalam menulis huruf kapital yang sering dilakukan siswa adalah kesalahan penulisan huruf pertama nama geografi. (2) Kesalahan penggunaan ejaan dalam menulis tanda baca titik yang sering dilakukan siswa adalah kesalahan penempatan tanda baca titik dan penghilangan tanda baca titik dalam sebuah kalimat. (3) Kesalahan penggunaan ejaan dalam menulis kata depan yang sering dilakukan siswa adalah kesalahan penulisan kata depan di dan ke yang ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya.

Article Details

How to Cite
[1]
B. Daely, “KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TELUKDALAM”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 603-608, May 2021.
Section
Artikel

References

Ariningsih, Nur Endah, dkk. 2012. “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas”. BASASTRA Volume 1 Nomor 1, Desember 2012, ISSN I2302-6405 diakses 5 Januari 2021.
Brown, H. Douglas. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. New York. Pearson Ine.
Ellis, Rod. 1995. The Study of Second Language Acquissition.Oxford : Oxford University Press.
Faizah, Hasnah. AR. 2009. Mata Kuliah Dasar Umum Bahasa Indonesia. Pekanbaru. Cendikia Insani.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saragih, Elza Leyli L. 2008. “Analisis Kesalahan Berbahasa Anak Bilingual (Studi Kasus Terhadap Siswa SMP Methodist III Medan dengan B1 Bahasa Cina Hokkien”. (online) 16, (2) (http://akademik.nommensen-id.org/portal/public html/JURNAL/VISI-UHN/2008/VISI_Vol_16_No_2-2008/6_Elza_S.doc.) diakses 07 Maret 2021.
Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.
Utami, Santi Pratiwi Tri dan Ahmad Syaifudin. 2012. “Penerapan Teknik Koreksi Tidak Langsung untuk Meminimalkan Kesalahan Berbahasa dalam Penyusunan Karya Ilmiah pada Mahasiswa Nonjurusan Bahasa”. Jurnal Ilmu Pendidikan. (online), 41 (1), http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/2230, diakses 07 Maret 2021.
Zainal, Nurfatimah. 2012. “Kesalahan Morfonologi Bahasa Indonesia oleh Para Siswa “Rumah Pintar Bantul””. Jurnal Linguistika Akademia (online), 1 (1), http://linguistikademia.files.wordpress.com/2012/09/08_kesalahan-morfonologi-bahasa-indonesia_nurfatimah-zedit_3.pdf, diakses 07 Maret 2021.