MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SMP NEGERI 1 TELUKDALAM

Main Article Content

Antonius Sarumaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan kontekstual dengan pembelajaran biasa, (2) Melihat adakah interaksi antara pendekatan kontekstual dan pembelajaran biasa dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Telukdalam. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling. Sampel penelitian diambil dari kelas IXa dan IXb sebanyak 88 orang, kelas IX-a sebanyak 44 orang (kelas eksperimen) dan kelas IX-b sebanyak 44 orang (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis yang telah memenuhi validitas isi dan reliabel. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Lembar Kerja Siswa (LKS). Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis inferensial uji Anava Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata N-Gain kemampuan penalaran matematis antara siswa yang pembelajarannya pendekatan kontekstual (0,603) lebih baik dari rata-rata N-Gain pembelajaran biasa (0,55), (2) semakin tinggi level kemampuan awal matematika maka semakin baik pula kemampuan penalaran matematis siswa yaitu level tinggi (0,772), level sedang (0,597) dan level rendah (0,483), (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran (Pendekatan kontekstual dan pembelajaran biasa) dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang dan rendah) dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Sarumaha, “MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SMP NEGERI 1 TELUKDALAM”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 611-615, May 2021.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Revisi Edisi 10. Jakarta: PT Rineka Cipta.
_____2012. Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan edisi 2. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi mata pelajaran matematika. Jakarta : Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
2012 Undang-Undang Sisdiknas Edisi Terbaru. Bandung :Fokusindo Mandiri.
Fajri, N. 2013. Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 2013 Vol. 6 No.2 : 149-161.
Hamzah. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor : Ghalia Indonesia.
Muhammad, I. 2013. Peningkatan kemampuan Komunikasi Matematik dan Sikap Positif Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Kontekstual. Tesis Tidak Diterbitkan. Medan : PPS UNIMED MEDAN.
NCTM. 2000. Pinciples and standarts for school Mathematics. Reston :VA
Nasution, A. 2013. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SD Negeri Medan. Tesis Tidak Diterbitkan. Medan : PPS UNIMED MEDAN.
Sari, Yulinda T. 2013. Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematis Dan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP Kota Pinang Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Tesis Tidak Diterbitkan. Medan : PPS UNIMED MEDAN.
Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi pada standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana
_________2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode Dan Prosedur. Jakarta: Kencana
Setiawati, D. 2013. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematika Siswa Antara Pendekatan Contextual Teaching And Learning dan Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bireuen. Tesis Tidak Diterbitkan. Medan : PPS UNIMED MEDAN.
Shadiq, F. 2004. Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Disajikan Pada Diklat Instruktur/ Pengembangan Matematika SMA Jenjang Dasar, PPPG Matematika, Yogyakarta, 6 -19 Oktober.
Sinaga, D. 2009. Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Rantau Prapat. Tesis Tidak Diterbitkan. Medan: PPS UNIMED.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabet.
__________2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabet.
Sudjana. 2002. Metoda statistika. Bandung: tarsito.
Sumarmo, U. 2006. Pengembangan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu (S1) Melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Laporan Penelitian Tidak Diterbitkan. Bandung : PPS UPI Bandung.
Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Ruspiani. 2000. Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Koneksi Matematik. Tesis:UPI Bandung. Tidak diterbitkan.
Riduwan, 2010. Dasar- dasar statistika. Bandung: Alfabeta.
Rusffendi, 1991. Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA Edisi kedua. Bandung : Tarsito.
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.