PERSEPSI ANGGOTA TERHADAP PELAYANAN PENYALURAN KREDIT DI KOPERASI CU. FAOMASI KECAMATAN TELUKDALAM TAHUN 2020

Main Article Content

Walsyukurniat Zendrato Arwan Karier Harefa Fetisa Ndruru

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui Penyaluran kredit pada koperasi. (2) Untuk mengetahui layanan kredit pada koperasi. (3) untuk mengetahui persepsi anggota terhadap pelayanan penyaluran kredit. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu karyawan dan anggota koperasi yang terdiri dari 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu dapat dilihat dari aspek ketepatan waktu dalam membuka jam pelayanan, waktu dalam memproses administrasi, waktu pencairan pinjaman, dan sistem penyaluran  kredit memiliki tanggapan dari anggota koperasi sudah baik, dan cepat. Sedangkan layanan kredit berinteraksi secara langsung kepada anggota koperasi, berkomunikasi, bertutur kata memiliki tanggapan dari anggota koperasi sudah baik dan menyelesaikan kredit macet ataupun kredit anggota yang telah meninggal dunia secara kekeluargaan. Berdasarkan dari hasil penelitian di atas maka dapat di simpulkan bahwa persepsi anggota atas penyaluran kredit baik dari syarat penyajuan pinjaman, memberikan pelatihan kepada calon atau anggota koperasi serta mengikuti syarat keanggotaan sehingga dalam sistem penyaluran kredit, anggota memiliki tanggapan sudah baik, cepat, dan akurat serta layanan kredit aspek berinteraksi secara langsung dengan menggunakan sistem administrasi secara manual dan komputerisasi kepada anggota koperasi, berkomunikasi, bertutur kata dengan memiliki tanggapan dari anggota koperasi sudah baik serta menyelesaikan kredit macet ataupun kredit anggota yang telah meninggal dunia secara kekeluargaan. Diharapkan kepada masyarakat dapat memanfaatkan koperasi dan tidak beralih pada lembaga keuangan lainnya kemudian kepada pihak koperasi dapat memberikan pelayanan yang baik dan pelayanan yang sudah dianggap baik tetap di pertahankan dan ditingkatkan serta kepada peneliti selanjutnya hasil penelitian ini menjadi bahan pertimbangan untuk penelitian berikutnya.

Article Details

How to Cite
[1]
W. Zendrato, A. Harefa, and F. Ndruru, “PERSEPSI ANGGOTA TERHADAP PELAYANAN PENYALURAN KREDIT DI KOPERASI CU. FAOMASI KECAMATAN TELUKDALAM TAHUN 2020”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 529-531, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Abdullah, Thamrin & Tantri, Francis. 2012. Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Fahmi, Irham. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Hadiwidjaja, Wirasasmita, Rival. 1991. Analisis Kredit. Bandung: Pionir Jaya.
Hendrojogi. 2012. Koperasi Asas-asas, Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers
Ivancevich, M. John, Konopaske R. dan Matteson T.M. 2006. Perilaku Dan Manajemen Organisasi. Jakarta : Erlangga
Kartasapoetra G, Kartasapoetra G. A, S. Bambang, Setiady A. 2003. Koperasi Indonesia. Jakarta: PT. Bina Adiaksara.
Kasmir. 2005. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya-Ed, revisi 9. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
2014. Dasar-Dasar Perbankan. Edisi Revisi 2012. Jakarta : Rajawali Pers
Moleong. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sitio, Arifin dan Tamba, Halomoan. 2001. Koperasi: Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga
Sudarsono & Edilius, (2010). Koperasi Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
,2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyatno, Thomas, Chalik H. A, Sukada Made, Ananda Y.T, Marala T.D. 1995. Dasar-Dasar Pengkreditan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Perkoperasian. 2010. Jakarta: Rajawali. Pers
Widiyanti, Ninik & Sunindhia. 2008. Koperasi Dan Perekonomian Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Kuntari, Dwi Bela, Kumadji Srikandi, Hidayat Kadarisman. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Bengkel PT. Astra International Tbk – Daihatsu Malang). Administrasi Bisnis. 36 (1) : 198
Wahyuni, Khosmas, Genjik Bambang. 2019. Analisis Persepsi Anggota Tentang Kualitas Layanan CU. Banuri Harapan Kita Di Batangtarang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulitiwa. 6 (1) : 11.
Zendrato, Walsyukurniat. 2018. Persepsi Guru Mata Pelajaran Peminatan Sosial Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Revisi di SMA Negeri 1 Telukdalam. Jurnal Education And Development. 6 (1): 55
Ramadhani, Nur Lutfia, Kosmas, Genjik Bambang. 2018. Persepsi Anggota Atas Pelayanan Kredit Pada CU. Khatulistiwa Bakti Pontianak. Untan Pontianak. http://jurnal.untan.ac.id/index.ph p/jpdpb/article/download/26917/ 75676577562, diakses 29 Mei 2020
Satria, Eka Rizkihanny. 2013. Analisis Persepsi Dan Kepuasan Anggota Terhadap Pelayanan Koperasi Pedagang Pasar (Koppas) Pasar Parung Kabupaten Bogor.(Online), (https://respository.ipb.ac.id/han dle/12345679/64768, diakses 29 Mei 2020).
Suherman, S. Genjik Bambang, Syahrudin Husni. 2013. Persepsi Anggota Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Koperasi Syariah BMT Miftahus Salam Desa Wajok Hulu. (Online), https://media.neliti.com/media/p ublications/193156-ID-persepsi- anggota-terhadap-kualitas- pelay.pdf, diakses 30 Mei 2020