PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS INTEGRASI REPRESENTASI KIMIA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA

Main Article Content

Marianus Jefri Agang Hironimus C. Tangi Faderina Komisia

Abstract

Latar belakang  penelitian ini adalah terbatasnya media pembelajaran berbasis teknologi yang digunakan dalam pembelajaran, hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan buku dan LKS kurang memberikan pemahaman mengenai  konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) yang membutuhkan penjelasan representasi kimia. Pemahaman tiga level representasi kimia merupakan dasar untuk memahami kimia. Untuk itulah tiga level representasi kimia perlu diwujudkan dalam pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar adalah media pembelajaran audio visual gerak (video). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil  belajar pengetahuan (KI-3) siswa setelah menggunakan  video pembelajaran berbasis integrasi representasi kimia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan  adalah “one Groups Pretest-Posttest Design”, yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posstest setelah diberi perlakuan. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan video pembelajaran berbasis integrasi representasi kimia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) dapat  meningkatan hasil belajar pengetahuan (KI-3) siswa dengan  nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 0,57 dan tergolong kategori sedang.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Agang, H. C. Tangi, and F. Komisia, “PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS INTEGRASI REPRESENTASI KIMIA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 37-41, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

Aiman, Ummu. Nirwana. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Video Identifikasi Campuran Kopi Menggunakan Metode Spektroskopi UV-Visible”. Journal of Science Education. Vol 3 no1. PENDIPA, Bengkulu.
Chittleborough.G, Treagust, D.F. 2007. “The Modelling Ability Of Non Major Chemistry Students And Their Understanding Of The Sub-Microscopic Level”. Chemistry Education Research and Practice. Vol. 8, No.3, 274-292.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Gava Media, Yogyakarta.
Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.
Jansoon, N, Coll, R.K dan Somsook, E. 2009. Understanding Mental Models of Dilution in Thai Students. International Journal of Environmental & Science Education. Vol. 4, No. 2, 147-168.
Nurhayati, Shaila. 2014. “Pengaruh Video-Animasi Terhadap Hasil Belajar SiswaKelas Xi Sman 5 Pontianak Pada Materi Kesetimbangan Kimia”. Universitas Tamjungpura, Pontianak.
Susanti. E, Firdaus, M.L, Sumpono. 2017. “Penerapan Zat Warna Sintetis Menggunakan Karbon Aktif Kelapa Sawit dan Pengembangannya Sebagai Bahan Ajar”. Journal of Science Education. Vol 1, No.1. PENDIPA, Bengkulu.
Warjana. 2009. Membuat Bahan Ajar Berbasis web dengan Exe. Elex Media Komputindo, Jakarta.