HUBUNGAN SIKAP RESPONSIF PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI REDOKS

Main Article Content

Maria Fatima Timun Theresia Wariani Maria Aloisia Uron Leba

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) mengetahui sikap responsif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran pada materi pokok Reaksi Redoks kelas X MIA 2 SMA Plus St.Albertus Agung Weleun tahun pelajaran 2020/2021 (2) mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi pokok Reaksi Redoks kelas X MIA 2 SMA Plus St.Albertus Agung Weleun tahun pelajaran 2020/2021 (3) mengetahui hubungan antara sikap responsif terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian ini diperoleh (1) sikap responsif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran pada materi pokok Reaksi Redoks kelas X MIA 2 SMA Plus St.Albertus Agung Weleun tahun pejaran 2020/2021 termasuk dalam kategori sangat baik yaitu 84,46%, (2) hasil belajar peserta didik pada materi pokok Reaksi Redoks kelas X MIA 2 SMA Plus St.Albertus Agung Weleun tahun pelajaran 2020/2021tergolong tuntas dengan nilai rata-rata  87, (3) ada hubungan yang signifikan antara sikap responsif terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok Reaksi Redoks kelas X MIA 2 SMA Plus St.Albertus Agung Weleun tahun pelajaran 2020/2021 dengan koefisien korelasi rxy  0,56.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Timun, T. Wariani, and M. Leba, “HUBUNGAN SIKAP RESPONSIF PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI REDOKS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 51-55, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

Budiman, Dedy. 2017. Sales Insight. Jakarta: PT Gramedia.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hutauruk dan Rinci. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolo Purba. Volume 8 No 2.
Illahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery starategy dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press
Iru, La dan La Ode Safiun Arihi. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Kamus Besar Bahasa Indonesia dan UU SISDIKNAS No.20 Tahun 2003. Pengertian pendidikan.(https://www.mypurohith.com/pengertian-pendidkan/23Oktober2020)
Kolin, Lusitania W.S. 2018. Pengaruh Sikap Responsif dan Sikap Sosial Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Reaksi Redoks dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning pada Siswa Kelas X TKP 5 SMKN 2 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang.
Kuntoro, Bambang Tri dan Wardani, Naniek Sulistya. 2020. Pengembangan Instrumen penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan: Vol. 6. No. 2.
Leba, Maria Aloisia Uron., Tukan, Maria Benedikta., Komisia, faderina. 2020. Analysis of Student Satisfaction in Analitycal Chemistry course. Journal of Chemistry Education Research: vol 4. No. 2 : 93-101
Malinda, Dini., Lichteria, Panjaitan., Sujana, atep. 2017. Penggunaan Pendekatan Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Benda Berdasarkan Penggunaannya. Jurnal Pena Ilmiah:Vol.2 No 1.
Patandung, Yoseph. 2018. Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA siswa. Journal of Education sainsand tecnologi. Vol.3 no. 1 : 9-17
Prayitno. 2009. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. 2014. Dasar-dasar statistik. Bandung: Alfabeta.
Sumantri, Mohammad syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Susanto, A.2013.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Widodo, Lusi Widayanti. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia: Vol XVII, Edisi April 2013 ISSN:1410-2994.