PENGEMBANGAN MEDIA KIT KONFIGURASI ELEKTRON UNTUK PESERTA DIDIK DI SMA

Main Article Content

Defi Aswan Eny Enawaty Ira Lestari Hairida . Erlina .

Abstract

Pengembangan penelitian ini didasari oleh wawancara guru dan observasi, guru menyatakan peserta didik sulit memahami konfigurasi elektron dan tidak tersedia media yang dapat membantu pemahaman konfigurasi elektron. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media KIT konfigurasi elektron, mengetahui respon guru dan respon peserta didik terhadap media KIT konfigurasi elektron. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE tahapan yang digunakan sampai tahap development. Subjek penelitian adalah 2 validator instrumen, 3 validator yang berbeda-beda pada tiap aspek media, materi dan bahasa, responden penelitian dari SMAN 1, SMAN 2 dan SMAN 3 Ngabang berjumlah 9 peserta didik kelas X MIPA pada uji coba kelompok kecil, 36 peserta didik kelas X MIPA dan 3 guru kimia pada uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket kelayakan dan angket respon. Analisis data menggunakan skala penilaian ( rating scale). Diperoleh rata-rata persentase kelayakan media KIT konfigurasi elektron pada aspek media 99,04 %, aspek materi 98.66%, dan aspek bahasa 87,40%. Hasil uji coba kelompok kecil rata-rata persentase 87,77%. Hasil uji coba lapangan diperoleh rata-rata persentase menurut respon peserta didik sebesar 96,75 % dan respon guru persentase rata-rata 99,48%. Dapat disimpulkan bahwa media layak untuk digunakan pada tahap implementasi.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Aswan, E. Enawaty, I. Lestari, H. ., and E. ., “PENGEMBANGAN MEDIA KIT KONFIGURASI ELEKTRON UNTUK PESERTA DIDIK DI SMA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 101-109, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

Arikunto, Surharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bintiningtiyas, Nita, and Achmad Lutfi. 2016. “Pengembangan Permainan Varmintz Chemistry Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Periodik Unsur.” 5(2): 302–8.
Dasopang, Khuzaimah, and Iis Siti Jahro. 2020. “Pengembangan KIT Pembelajaran Dari Limbah Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia: 116–20.
Fernanda, Anisa, Eny Enawaty, and Rahmad Rasmawan. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Konfigurasi Elektron Dengan Menggunakan KIT SELECTION (Smart Electron Configuration).” Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep) 4(2): 155.
Hairida, and Lukman Hadi. 2017. “Improving Student’s Critical Thinking Skills Through Sets Vision Learning.” 6(2): 1571–76.
Juwita, Ratulani. 2015. “Pengembangan KIT Elektrokimia Kelas XII SMA.” Jurnal Pelangi 8(1).
Ningsih, Surya, Dedeh Kurniasih, and Tuti Kurniati. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran PUZTES (Puzzle Dan Teka-Teki Silang) Pasa Sub Materi Konfigurasi Elektron Dan Huungannya Dengan Tabel Periodik Unsur Di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak.” Ar-Razi Jurnal Ilmiah 8(1): 24–33.
Papilaya, Jeanete, and Neleke Huliselan. 2016. “Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa.” Jurnal Psikologi Undip 15(1): 56–63.
Pratama, Loviga Denny, and Wahyu Lestari. 2018. “Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Problem Based Learning Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Matematika.” Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 3(1): 11–21.
Sari, Eka Purnama, Mukhamad Nurhadi, and Muh Amir. 2020. “The Development of Learning Media KONELA ( Configuration Electron Aufbau ) in Learning Chemistry.” 020023(April).
Sari, Pusvyta. 2019. “Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran.” Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan I(1): 58–78.
Sihombing, Susi, Hizkia Ronaldus Sillahi, Jonas Ramza Sitinjak, and Hardi Tambunan. 2021. “Analisis Minat Dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Dalam Jaringan.” Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education 4(1): 41–55.
Stawan, Ahmad; Suryani, Nunuk; Putria, Aditin. 2018. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudaryono. 2019. Metode Penelitian : Kuantitatif , Kualitatif, Dan Mix Method. 2nd ed. Depok: Rajawali pers.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Tafonao, Talizaro. 2018. “peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa.” jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2): 103–14.
Wijayanti, Mayang Tri, and Achmad Lutfi. 2021. “Pengembangan Permainan Element Go Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Konfigurasi Elektron Yang Mempengaruhi Retensi Peserta Didik.” Journal of Science Education 5(3): 269–76.