MARGONDANG PADA MASYARAKAT PADANG LAWAS (STUDI KASUS DESA GUNUNG MALINTANG)

Main Article Content

Sahrudin Pohan

Abstract

   Salah satu pesta adat dalam peresmian perkawinan pada masyarakat Padang Lawas adalah margondang. Bagi masyarakat Padang Lawas seperti halnya pada masyarakat desa Gunung Malintang Kecamatan Barumun Tengah margondang menjadi satu pesta adat yang dilakukan oleh masyarakat padaacara-acara peresmian perkawinan. Pesta adat margondang inisudah menjadi tradisi bagi masyarakat, sehingga pesta adat tersebut sangat sering dilaksanakanoleh masyarakat khususnya pada acaraperesmian perkawinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pesta adat margondang sebagai pesta adat dalam peresmian perkawinanbagimasyarakat Padang LawassepertihalnyapadamasyarakatdesaGunungMalintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan hasil penelitian yang diperoleh diantaranyasebelum pelaksanaan pesta adat margondang terlebih dahulu dilaksanakan martahi mulai dari martahi geleng-geleng atau ungut-ungut, martahi sabagas atau martahi ulutot dan terahir dilakukan martahi parhutaon atau martahi godang. Selanjutnya sebelum pelaksanaan acara margondang dimulai,terlebih dahulu dilaksanakan makkobar atau musyawaraholeh para harajaon ang dihadiri oleh raja panusunan bulung (raja luat), setelah acara makkobar tersebut selesai baru masuk ke acara margondang yang diiringi dengan tortor. Setelah acara manortor selesai kedua pengantin naik nacar atau di sebut ditapian raya bangunan dan terahir acara mangupa.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Pohan, “MARGONDANG PADA MASYARAKAT PADANG LAWAS (STUDI KASUS DESA GUNUNG MALINTANG)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 553-559, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Alam, Sutan Tinggibarani Perkasa, 2011, Seni Budaya Tradisional Daerah Tapanuli Selatan, Medan: CV Mitra Sari.
..........., 2013, Gondang Tortor Gordang Sambilan Angkola-Sipirok, Padang Lawas dan Mandailing, Meda: CV. Mitra.
..........., 2017, Adat Budaya Batak Angkola, Medan: CV Mitra Sari.
Baumi, G. Siregar, 2017, Horja Godang Mangupa Dinaharoan Boru Horas Tondi Madingin Sayur Matua Bulung, Medan: CV. Partama Mitra Sari.
Milles, Haberman, 1992, Analisis Data Kualitatif, Terj. The-tjep Rohani Rohidi, Jakarta: UI Pers.
Parinduri, Mhd. Bakhsan, 2013,Panduan Makkobar Dalam Budaya Mandailing, Medan : Deli Gravika.
Soekonto, Soerjono, 2008, Hukum Adat Indonesia, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.