UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI BUDAYA DEMOKRASI MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING
Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran problem solving, (2) pelaksanaan pembelajaran problem solving, 3) kemampuan siswa dengan pembelajaran Problem Solving. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus untuk membentuk kemampuan siswa dalam memahami budaya demokrasi . Alat pengumpul data yaitu observasi, dokumentasi foto dan wawancara hal dilakukan sebagai dasar untuk menginterpretasi hasil penelitian di setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan 1) Pendekatan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, 2) Kemampuan siswa dalam memahami budaya demokrasi melalui pendekatan problem solving dalam proses belajar mengajar sangat baik3)Pendekatan problem solving dapat digunakan oloeh guru dalam melaksakana pengajaran dikelas.
Article Details
References
Ali, Mohammad, 1987, Prosedur Penelitian, Erlangga, Jakarta.
Arikunto Suharsimi dkk, 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.
Budiardjo, Miriam. 1980. Dasar-dasar Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta.
Depdiknas, 2003, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.
Djamarah, Bahri, Syaiful, dkk 2002, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.
Haryanto,2008. Metode, Pendekatan, dan Tehnik Pembelajaran Pendidikan,
(http://mgmpbindobogor.wordpress.com/metode-pembelajaran-efektif-2
Sanjaya, Wina, 2008, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana. Jakarta
Soekamto, 2010, Problem Solving,
http://www.muhfida.com/modelpembelajaran.html.
Suteng Bambang, dkk., 2007, Pendidikan Kewarganegeraan unuk SMA Kelas XI, Erlangga, Jakarta.
Usman Winarjo, 2003, Menjadi Guru Profesional, Bandung, Remaja Rosda Karya.