PREDIKSI PENERIMA BANTUAN PANGAN NON-TUNAI DENGAN METODE LEARNING VECTOR QUANTIZATION PADA DESA TANJUNG SELAMAT

Main Article Content

Rendy Syahputra Wahyu Riansah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pembangunan Sistem Cerdas Memprediksi Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi masyarakat dengan  Metode Learning Vector Quantization (LVQ) Pada Kantor Kepala Desa Tanjung Selamat yang mampu melakukan efisiensi waktu dan biaya untuk proses pemilihan  penerima BPNT pada Kantor kepala desa. untuk memperbaiki proses pemilihan penerima BPNT di Kantor kepala desa dibuat sebuah sistem dengan menggunakan model pada Jaringan saraf tiruan yang dapat melakukan prediksi penerima bantuan dengan menggunakan masukkan sesuai dengan syarat yang tetapkan oleh kepala desa. Adanya sebuah sistem untuk memprediksi penerima BPNT dengan menggunakan metode Learning Vector Quantization (LVQ) dapat memberikan efesiensi waktu dalam mendapatkan informasi tentang warga yang berhak menerima dan tidak menerima BPNT pada wilayah kantor kepala desa. Keluaran dari sistem berbentuk laporan yang dapat dicetak pada media kertas dengan menggunakan data warga yang menerima dan tidak menerima BPNT untuk tahun berikutnya.Penelitian ini ditargetkan untuk dapat diseminarkan skala nasional yang nantinya akan diterbitkan ke dalam proseding selain itu juga dapat diterbitkan dalam jurnal nasional terakreditasi 1-6.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Syahputra and W. Riansah, “PREDIKSI PENERIMA BANTUAN PANGAN NON-TUNAI DENGAN METODE LEARNING VECTOR QUANTIZATION PADA DESA TANJUNG SELAMAT”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 96-100, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

E. Budianita and U. D. Arni, “Penerapan Learning Vector Quantization Penentuan Bidang Konsentrasi Tugas Akhir ( Studi Kasus : Mahasiswa Teknik Informatika UIN Suska Riau ),” vol. 1, no. 2, pp. 85–89, 2015.
R. Meliawati, O. Soesanto, and D. Kartini, “Penerapan Metode Learning Vector Quantization (LVQ) Pada Prediksi Jurusan Di SMA PGRI 1 Banjarbaru,” Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 04, no. 01, pp. 11–20, 2016.
B. Iping, “Perlindungan Sosial Melalui Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai (Blt) Di Era Pandemi Covid-19: Tinjauan Perspektif Ekonomi Dan Sosial,” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 1, no. 2, pp. 516–526, 2020, doi: 10.38035/jmpis.v1i2.290.