PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS APLIKASI RENDERFOREST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA MAS YASPI LABUHAN DELI

Main Article Content

Yunita Mutiara Harahap Sofia Idawati Lubis

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk(1) menguji coba apakah model pembelajaran Blended Learning berbasis aplikasi Renderforest dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa MAS Yaspi Labuhan Deli (2) melihat bagaimana aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan Model pembelajaran Blended Learning berbasis Aplikasi Renderforest . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MA tahun pelajaran 2020/2021 di MAS Yaspi Labuhan Deli. Secara acak, dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu 30 orang dikelas X1 dan 30 orang dikelas X2 MAS Yaspi Labuhan Deli. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan Blended Learning berbasis Aplikasi Renderforest  dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Desain Penelitian meliputi tiga tahapan, yaitu: (1) Tahap pengembangan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, (2) Tahap uji coba perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, dan (3). Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian adalah tes membaca pemahaman untuk siswa MA kelas X. Data dihitung menggunakan SPSS versi 21 menunjukkan tabel output "Paired Samples Test" pada bagian "Pair" diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000  0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji Paired Samples Test dapat disimpulkan bahwa  ditolak dan  diterima. Hal ini menandakan bahwa Blended Learning berbasis aplikasi Renderforest secara signifikan meningkatkan kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa MAS Yaspi Labuhan Deli.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Harahap and S. Lubis, “PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS APLIKASI RENDERFOREST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA MAS YASPI LABUHAN DELI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 123-127, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

Husamah. 2014.Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta; Prestasi Pustakarya.
Muhammad Taufik Hidayat, Teuku Junaidi,Muhammad Yakob. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dalam meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap tradisi Lisan Aceh. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 25 No. 3, 2020 P-ISSN: 1829-877X E-ISSN: 2685-9033
Izudin Syarif. Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Siswa SMK, Jurnal Pendidikan Vokasi, 2012
Khoiroh. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learningdan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa.Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol 10. No.2.
KBBI Daring. 2016
Stacey, Elizabeth and Gerbic, Philippa. 2009. Effective Blended Learning Practices: Evidence-Based Perspectives in ICT-Facilitated Education. United States of America: Information Science Reference.
Harsanto, Budi. 2014. Inovasi Pembelajaran di Era Digital Menggunakan Google Sites dan Media Sosial. Bandung: UNPAD Press.
Adri Pranoto. 2019.Membuat Video Animasi Via Renderforest. Diunduh dari
https://teletype.in/@adr/+bukudigital
Tarigan. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Somadayo, Sumsu. 2011. Strategi dan Teknik Pengajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Anderson, K., and Anderson, M. 2003. Text Types in English 2. Malaysia: The Modern Art Production Group
Djuharie, O. S. 2007. Genre. Dilengkapi 700 soal Uji Pemahaman. Bandung: Yrama Widya
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Depdiknas. 2013. Kurikulum Bahasa Inggris. Jakarta: Balai Pustaka