ANALISIS PROBLEMATIKA PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA

Main Article Content

Syafrina Prihartini Sofia Idawati Lubis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika penggunaan Google Classroom sebagai sarana pembelajaran akibat pandemi Covid-19 terhadap motivasi belajar bahasa Inggris mahasiswa FKIP UNIVA Medan serta untuk mengetahui upaya dalam menghadapi problematika penggunaan Google Classroom sebagai sarana pembelajaran akibat pandemi Covid19 terhadap motivasi belajar bahasa Inggris mahasiswa FKIP UNIVA Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika semester II. Data diperoleh dengan metode observasi, kuesioner/angket, wawancara, dan dokumentasi. Kuesioner/angket dalam bentuk google form yang akan dikirim ke wa grup mahasiswa, wawancara yang akan dilakukan melalui google form yang akan dikirim melalui grup wa mahasiswa, juga wawancara daring kepada dosen-dosen pengampu mata kuliah juga Kaprodi. Analisis data meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) problematika yang bersifat internal meliputi mahasiswa kesulitan mengoperasikan Google Classroom seperti mengubah file video dalam bentuk link, terdapat mahasiswa yang yang kurang memahami materi yang diberikan dosen, mahasiswa sulit interaktif di pembelajaran daring melalui Google Classroom. Problematika yang bersifat eksternal berupa orang tua kurang memantau mahasiswa ketika pembelajaran daring, signal internet yang buruk, dan kuota internet yang terbatas. (2) Upaya yang dilakukan Kaprodi adalah mensosialisasikan penggunaan Google Classroom, menggunakan pembelajaran yang bervariasi dengan menyisipkan video, Dosen juga melakukan upaya agar mahasiswa paham materi yang diberikan dengan memberikan penjelasan lanjutan di grup mahasiswa, menyajikan pembelajaran dengan dua Bahasa, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Disamping itu mahasiswa juga melakukan usaha memahami materi yang kurang dipahami dengan menerjemahkan materi yang diberikan dengan google translate, membaca materi yang diberikan berulang kali, menanyakan materi yang kurang dipahami kepada dosen atau teman, mencari referensi bacaan lain selain yang diberikan di Google Classroom melalui Google, buku-buku Bahasa Inggris, dan lain sebagainya. Tingkat motivasi belajar Bahasa Inggris mahasiswa dalam pembelajaran daring melalui Google Classroom tinggi dengan frekuensi 37 dengan persentase 62,7%.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Prihartini and S. Lubis, “ANALISIS PROBLEMATIKA PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 86-95, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

Darmalaksana, W. 2020. WhatsApp Kuliah Mobile. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Ernawati. 2018. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN 1 Kota Tangerang Selatan. Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UIN Syarif Hidayatullah.
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. 2021 Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia, 5 (1), pp. 551-561.
https://kemedikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-imbau-pendidik-hadirkan-belajar menyenangkan-bagidaerah-yang-terapkan-belajar-di-rumah
https://republika.co.id/berita/q7p9wr409/nadiem-jelaskan-makna-pembelajaran-daring
Imaaduddin, M. 2018. Membuat Kelas Online Berbasis Android Dengan Google Classroom (Muhamad Imaduddin (ed.)). Penerbit Garudhawaca.
Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. Edition 3. USA: Sage Publications.
Mu’arif, A. N., dkk. 2021. Kesulitan Pembelajara Daring Matematika Saat Pandemi COVID-19 Pada Siswa SMP Kelas VIII, Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3 (2), pp. 67-71.
Nita, C.I.R, Hakim, A. R, & Utami, R.S. 2020. Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi COVID-19 di SD NEGERI 5 JATIGUWI, Prosiding Seminar Nasional PGSD, 4 (1).
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Simanihuruk, Lidia dkk. 2019. E-Learning Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.
Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik,. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA
Uno, H. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi AksaraBandung PT Remaja Rosdaka Karya
Winkel. 2005. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
Wuitt, W. 2001. Motivation To Learn. An Overview. Educatinal Psychology Interactive. Valdosta: Saldosta State University
Yunawati, F. R., dkk. 2021. Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3 (2), pp. 56-61