SISTEM INFORMASI INVENTORY GUDANG (SIIG) PUPUK BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PT SARASWANTI ANUGERAH MAKMUR-DELI SERDANG)

Main Article Content

Cut Try Utari Imam Rangga Bakti Yola Permata Bunda

Abstract

Sistem Informasi Iventory Gudang (SIIG) merupakan suatu sistem berbasis komputer yang dapat melakukan pengelolaan data persediaan barang pada gudang seperti pendataan barang masuk dan keluar baik bahan-bahan produksi maupun hasil produksi yang dilakukan oleh suatu perusahaan.Bahan dan hasil produksi yang tersimpan didalam suatu gudang, biasanya didata menjadi barang yang tergolong sebagai inventory gudang. Beberapa perusahaan melakukan pendataan Inventory Gudang masih melakukannya dengan cara manual yaitu mencatat didalam buku catatan maupun hanya menggunakan  aplikasi dari Microsoft Office  Excel.  Sehingga masalah yang sering dihadapi adalah akses laporan inventory terbatas pada ruang dan waktu, dimana bagian  –  bagian tertentu seperti bidang penjualan maupun bidang lain yang membutuhkan data  tersebut harus mengambil atau melihat data pada catatan inventory gudang. Cara tersebut dinilai akan memakan waktu dan tidak efisien.  Pada penelitian ini peneliti akan membangun aplikasi sistem informasi  inventory gudang  dengan  menggunakan data  barang pada  Gudang  PT. SaraswantiAnugerah  Makmur-Deli Serdang  untuk memudahkan perusahaan dalam pendataan barang


logistik.  Adapun  beberapa  tools  dan bahasa pemrograman  yang akan digunakan  peneliti  dalam proses  pembangunan sistem ini  yakni:  Sublime Text 3  sebagai texteditor,  PHP  sebagai bahasa pemograman,  MySql  sebagai  database (penyimpanan  data),  serta  Microsoft Edge  untuk menampilkan  sistem yang dibangun.  Tujuan  penelitian ini  untuk  menghasilkan sistem informasi inventory  gudang  yang menyediakan informasi berupa data jumlah stok bahan-bahan produksi, hasil produksi, dan jumlah permintaan dari customer  yang dapat diakses melalui web. Metode  yang digunakan  pada penelitian ini  adalah metode studi pustaka dan observasi,  dimana data yang didapatkan  dianalisis dengan menggunakan metode SLDC. Dalam penelitian ini hasil yang didapatkan nantinya  kemudahan dalam pengelolaan  data  inventory  sehingga  karyawan perusahaan  dapat dengan mudah  menerima  informasi  data  barang khususnya yang berkaitan tentang data inventory logistik

Article Details

How to Cite
[1]
C. Utari, I. Bakti, and Y. Bunda, “SISTEM INFORMASI INVENTORY GUDANG (SIIG) PUPUK BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PT SARASWANTI ANUGERAH MAKMUR-DELI SERDANG)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 77-80, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

Alfath, D dan Bullion D, A. 2019. “Perancangan Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web Pada Universitas Budi Luhur”. Jurnal IDEALIS Vol 2 No. 5, September 2019: 31-38.
Alfiasea, R. dkk. 2014. “Sistem Informasi”. Sistem Informasi, Vol 3 No.2: 140–143. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004
Assauri, Sofjan. 2016. Manajemen Operasi Produksi Pencapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dewi, M. A., Cahyadi, D., Wulansari, Y. 2014. “Sistem Ujian Online Mahasiswa Baru berbasis Ilearning Education Marketing pada Perguruan Tinggi”. Jurnal CCIT. Vol.8 No.1.
Faridi, Miftah. 2015. Fitur Dahsyat Sublime Text 3. Lug STIKOM
Hasanudin, Maulana. 2018. “Rancang dan Bangun Sistem Informasi Inventori Barang Berbasis Web”. Jurnal l IKRA-ITH Informatika Vol 2 No. 3, November 2018 ISSN 2580-4316: 24-37.
Munawaroh, Siti. 2006. “Perancangan Sisten Informasi Persediaan Barang”. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Vol 11 No. 2, Juli 2005 ISSN 0854-9524.
Muslim, M.A. 2012. “Pengembangan Sistem Informasi Jurusan Berbasis Web untuk Meningkatkan Pelayanan dan Akses Informasi”. Jurnal MIPA. Vol.3 No. 1. ISSN 0215-9945.
Nasir, M., Solikin, I. 2018. “Rancang Bangun E-Commerce Toko Raffamat Palembang Menggunakan Macromedia Dreamweaver”. Jurnal Ilmia MATRIK. Vol.20 No.3, Desember 2018: 247-257.
Raharjo, B. 2015. Belajar Otodidak MySQL, Teknik Pembuatan dan Pengelolaan Database. Bandung: Informatika.
Rosa, A.S., dan Shalahuddin, M. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Siagian, Yolanda M. 2005. Supply Chain Management Dalam Dunia Bisnis. Jakarta : PT. Grasindo.
Supono, dan Virdiandry Putratama. 2016. Pemograman Web Dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).
Utama, Yadi. 2011. “Sistem Informasi Berbasis Web Jurusan Sitem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Sriwijaya”. Jurnal Sistem Informasi (JSI). Vol.3 No.2, Oktober 2011 ISSN 2355-4614.