MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII DI DESA IDALA JAYA HILISIMAETANO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Main Article Content

Risniatman Dachi Rohpinus Sarumaha

Abstract

Miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan masalah sering terjadi karena kesalahan konsep siswa dalam penyelesaian soal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui miskonsepsi siswa danmendeskripsikan miskonsepsi siswa.Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Sumber informan yaitu: siswa kelas VIII di Desa Idala Jaya Hilisimaetano dengan jumlah 14 orang. Teknik analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Teknik pengumpulan data yaitu: tesdan wawancaratidak terstruktur. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperolehjenis-jenis miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel yaitu: 1) miskonsepsi siswa dalam memahami soal, membuat model matematika, menentukan metode penyelesaian soal, dan menentukan jawaban akhir. 2) Miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal terlihat pada tabel 4.2. Dimana persentase miskonsepsi siswa yang paling tinggi terdapat pada memahami soal sebanyak 60% dan merencanakan penyelesaian soal sebanyak 17,14%. Sedangkan persentase terendah terdapat dalam menyelesaikan perencanaan dan penarikan kesimpulan, dengan persentase sebanyak 1,43%. Peneliti menyarankan agar kemampuan pemahaman konsep siswa lebih di utamakan dalam memahami permasalahan sistem persamaan linear dua variabel.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Dachi and R. Sarumaha, “MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII DI DESA IDALA JAYA HILISIMAETANO TAHUN PELAJARAN 2020/2021”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 589-594, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Edwaldus, D., Fayeldi, T., & Ferdiani, R. D. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas Viii Pada Sub Materi Penyelesaian Spldv Dan Penerapan Spldv Menggunakan Three Tier-Test. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 129–135. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.4639.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT Raja Gafindo Persada.
Ferry Ferdianto dan Leonardus Yesino. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Indikator Kemampuan Matematis. (Online). Volume 3, Nomor 1, (https://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum/article/view/1335diakses 16 Juni 2021).
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajara. Yogyakarta: Insan Madani.
Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Hesti, C., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
Hudojo, Herman. 2003. PengembanganKurikulumdanPembelajaranmatematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Jalaluddin & Idi, Abdullah. 1997. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pidarta, Made. 2009. Landasan Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Ramadhan, A., Anwar, S., & Falak, A. F. (2021). Matematik Siswa Smk Kelas X Materi Sistem. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatof, 4(2), 323–330. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.323-330.
Rani Pratiwi. Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Proses Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kemampuan Awal. (online). Volume 8, Nomor 1, (file:///C:/Users/ASUS/Downloads/136-Article%20Text-228-1-10-20200210.pdf, diakses 23 Desember 2020).
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2017. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Perpustakaan Nasional, Jakarta: Kencana.
Saputri, R. A. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Perbandingan Ditinjau Dari Aspek Merencanakan Polya. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 3(1), 21–38. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/download/3267/2335
Sarlina. (2015). Miskonsepsi Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 SMA Negeri 11 Makassar. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(2), 194–209.
Sarumaha, R. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa smas kampus telukdalam melalui model pembelajaran penemuan terbimbing. Jurnal Education and Development, 3(1), 68–72.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Subagyo, P.Joko. 2006. Metode Penelitian dalam Teori dan Prakik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148–158.
Sumiati & Asra. 2016. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Tirtarahardja, Umar & Sulo, La. 2013. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Turmudi. 2009. Landasan Filsafat Dan Teori Pembelajaran Matematika Berparadigma Eksploratif Dan Investigatif. Jakarta Pusat: PT Leuser Cita Pustaka.
Winarni, Endang Setyo dan Harmini, Sri. 2012. Matematika untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wau, Martiriang. 2010. Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan di SMP Kelas VIII Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Tidak diterbitkan. Jawa Timur : Unika Widya Mandala Madiun.