PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SELF LEADERSHIP PADA SISWA PADA SISWA KELAS IX DI MA PP DAARUT THALIBIIN DESA KOTA DATAR KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG.

Main Article Content

Nurul Hasanah Khairina Afni Mardiati . Dewi Rulia Sitepu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh bimbingan kelompok terhadap self leadership pada siswa pada siswa kelas IX di  MA PP Daarut Thalibiin Desa Kota Datar Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang 2019-2020. Kepemimpinan diri (self leadership) merupakan sebuah proses dimana individu mempengaruhi diri mereka sendiri untuk menerima pengarahan diri dan motivasi diri yang penting untuk berperilaku dan tampil dengan cara yang diinginkan. Individu dengan kemampuan self leadership harus mampu dan berkehendak merefleksi diri, menerima keadaan diri kemudian mampu mengarahkan diri dan mengontrol diri agar sesuai seperti yang diharapkan. Penelitain menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen dengan jenis design one group pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di  MA PP Daarut Thalibiin yang berjumlah 20 orang. Hasil dari penelitian ini adalah Ho ditolak Ha diterima dikarenakan nilai hasil uji-t p<0,05 yaitu (0,00<0,05) jadi berdasarkan hasil kesimpulan terdapat pengaruh signifikan dari pengaruh bimbingan kelompok terhadap self leadership pada siswa pada siswa kelas IX di  MA PP Daarut Thalibiin Desa Kota Datar Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Tahun ajaraan 2019-2020.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Hasanah, K. Afni, M. ., and D. Sitepu, “PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SELF LEADERSHIP PADA SISWA PADA SISWA KELAS IX DI MA PP DAARUT THALIBIIN DESA KOTA DATAR KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG.”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 492-497, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Arifin, Syamsul. (2012). Leadership: Ilmu dan Seni Kepemimpinan. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta,
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bennet, W. M. (2002). Children's acquisition of early literacy skills: Examining familiy contribution. early Chilhood Research Quarterly, 17 (3) , 295317.
Houghton, Jeffery D., dan Neck, P. Christopher.(2002). The Revised Self Leadership Questionnaire: Testing a Hierarchical Factor Structure for Self Leadership Journal of Psychology 17,8.
Hartina, S. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.
Jackson, Lola Jean, September.( 2004). Self-Leadership Through Business Decision-Making Models, Disertasi, University of Phoenix.
Kaswan. (2013). Leadership and Teamworking. Bandung: Alfabeta.
Kemendikbud. (2016). Sambutan Menteri Pendidikan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 71. Jakarta: Kemendikbud.
Manz, C. C. (1992). Self-leadership The heart of empowerment. The Journal forQuality and Participation, 15, 80-89.
Manz, C.C (1983). The Art of Self-Leadership, Strategies of Personal Effectiveness in Your Life and Work. Alih Bahasa: A.M. Mangunhardjana. Penerbit.
Mulyono, Fransisca. (2012). SELF LEADERSHIP : SEBUAH PENDEKATAN. Bina Ekonomi Majalah Ilmiah Fakultas Ekonomi Unpar. Volume 16, Nomor 1, Januari 2012.
N. Kerlinger, Fred. 1990. Asas-Asas Penelitian Behavioral; Penerjemah Landung R. Simatupang. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pearch, Craigh L & Manz, Charles C. (2005). The New Silver Bullets of Leadership: The Impotance of Self and Shared leadership in knowledge work, Organization Dynamics, Vol. 34 No 2 pp 130-140.
Piaget, J. (1951). The Child’s Conception Of The Word. Savage, Maryland: littlefield Publisher.
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia
Prayitno. 2004. Aplikasi Istrumentasi. Padang: Universitas Negeri Padang.
Prayitno, Erman Amti. (2009). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta: Jakarta.
Prayitno dan Erman Amti. (2008). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Prayitno, Erman Amti, Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling, (Jakarta: Rineka Cipta,2013), h. 309 – 310.
Rivai, Veithzal. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan :dari Teori Ke Praktik, Edisi Pertama, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Romlah, Tatiek. (2001). Bimbingan Kelompok. Malang: UNM
Sarros, James C. & Cooper, Brian K. & Santora, Joseph C. (2011).Leadership vision, organizational culture, and support for innovation in not-for-profit and for leadership & Organization Development Journal, Vol. 32 No. 3,pp. 291-309.
Shertzer, Bruce dan Stone-Shelly C.(1974). Fundamental Of Counseling. Boston:Houton Miffin Company.
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Yudiaatmaja, Fridayana. (2013). KEPEMIMPINAN: KONSEP, TEORI DAN KARAKTERNYA. Media Komunikasi FIS Vol 12, No 2 Agustus.