PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E SECARA DARING PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP

Main Article Content

Rody Putra Sartika Tiya Ruslina Putri Afif Alwanuddin Rahmad Ulwan

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah menentukan peningkatan pemahaman konsep mahasiswa yang diajar secara daring menggunakan model siklus belajar 5E pada materi sifat koligatif larutan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental designs dengan rancangan One Group Pretest-Postest. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Kimia Universitas Tanjungpura semester III sebanyak 33 mahasiswa yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan  data dilakukan melalui pengukuran menggunakan instrumen tes hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan menggunakan statistik inferensial dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh nilai sig.<0,05, dimana terdapat peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada materi Sifat Koligatif Larutan sebelum dan setelah diajarkan secara daring menggunakan model siklus belajar 5E, dengan kriteria sedang sebesar 3,03% dan rendah sebesar 96,97%. Rata-rata peningkatan pemahaman konsep mahasiswa secara klasikal berada pada kategori rendah.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Sartika, T. Putri, A. Alwanuddin, and R. Ulwan, “PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E SECARA DARING PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 117-122, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

Astriani, D., & Istiqomah, N. N. (2016). Model Pembelajaran Learning Cycle 5E: Mengaktifkan Siswa. 1(2), 71–75.
Auliyani, A., Hanum, L., & Khaldun, I. (2018). Analisis Kesulitan Pemahaman Siswa pada Materi Sifat Koligatif Larutan dengan Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic test di Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(1), 55–64.
Fauziah, S. R., Sumari, S., Budiasih, E., Sukarianingsih, D., Santoso, A., & Asrori, M. R. (2021). Student misconception analysis on the concept of colligative properties of solutions using a digital three-tier multiple-choice diagnostic test. AIP Conference Proceedings, 2330. https://doi.org/10.1063/5.0043415
Harefa, N., & Sumiyati. (2020). Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa. Science Education and Application Journal (SEAJ), 2(2), 88–100.
Kazempour, M., Amirshokoohi, A., & Blamey, K. (2021). Putting theory to practice: Teaching the 5E learning cycle through immersive experiences for pre-service teachers. European Journal of Science and Mathematics Education, 8(1), 67–75. https://doi.org/10.30935/scimath/9547
Mamin, R. (2008). Applying of Scaffolding Study Method on Main Subject of Unsure Periodic System. Jurnal Chemica, 10(2), 55–60.
Mentari, L., Suardana, N., Wayan, I., Jurusan, S., & Kimia, P. (2014). Analisis Miskonsepsi Siswa Sma Pada Pembelajaran Kimia Untuk Materi Larutan Penyangga. Journal Kimia Visvitalis Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Kimia, 2, 76–87.
Nissen, J. M., Talbot, R. M., Nasim Thompson, A., & Van Dusen, B. (2018). Comparison of normalized gain and Cohen’s d for analyzing gains on concept inventories. Physical Review Physics Education Research, 14(1), 10115. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.14.010115
Pandaleke, M. M. S. (2020). Pengembangan Media Pelajaran Kelas Flipped Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 387–394. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Panjalin, A. N., & Ismono. (2016). Development Of Student Worksheet PQ4R Strategy With Application Of Fill In Scaffolds On Chemical Bond Subject Matter Anjani Nur Panjalin and Ismono. 5(3), 614–620.
Resty, P. D. C., Suadnyana, I. N., & Wiyasa, I. K. N. (2017). Pengaruh Model Siklus Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus Kompyang Sujana kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–8.
Riffert, F., Hagenauer, G., Kriegseisen, J., & Strahl, A. (2020). On the Impact of Learning Cycle Teaching on Austrian High School Students’ Emotions, Academic Self-Concept, Engagement, and Achievement. Research in Science Education. https://doi.org/10.1007/s11165-020-09918-w
Saraswati, N. L. P. A., & Mertayasa, I. N. E. (2020). Pembelajaran Praktikum Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19 : Qualitative Content Analysis. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 14(2), 144–161.
Sari, I. N., Saputri, D. F., & Beno, Y. (2016). Penerapan Model Learning Cycle 5e dalam Materi Besaran Pokok dan Turunan di Kelas VII SMP Negeri 1 Sengah Temila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 277. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.127
Sartika, R. P. (2018). Peranan Model Siklus Belajar 5E dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat Koligatif Larutan. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 3(2), 157. https://doi.org/10.30870/educhemia.v3i2.3052
Sartika, R. P., & Hadi, L. (2021). The improvement of students’ conceptual understandings through the PQ4R aided the 5E learning cycle model on the topic of salts hydrolysis. Journal of Physics: Conference Series, 1788(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1788/1/012036
Sartika, R. P., & Lestari, I. (2014). Koloid Menggunakan Pembelajaran Model Siklus Belajar 5E Kelas Xi Sman 2 Pontianak. 32–43.
Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
Sudarman, S. W., & Linuhung, N. (2017). Pengaruh Pembelajaran Scafolding Terhadap Pemahaman Konsep Integral Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(1), 33–39.
Susilaningrum, D. F., Santosa, S., & Ariyanto, J. (2017). Studi Komparasi Antara Penerapan Model Learning Cycle 5E dan Discovery Learning terhadap Capaian Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Boyolali Comparative Study Between the Application of Learning Cycle 5E a. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 331–339.
Suwito, Budijanto, Handoyo, B., & Susilo, S. (2020). The effects of 5E learning cycle assisted with spatial based population geography textbook on students’ achievement. International Journal of Instruction, 13(1), 315–324. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13121a
Tania, B., & Murni. (2017). Penerapan Model Pembelajaran learning Cycle 5e untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPN 1 Pasie Raja. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 66–79.
Titin Mairisiska, Sutrisno, & Asrial. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK pada Materi Sifat Koligatif Larutan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Development TPACK Based Learning Devices on Colligative Properties to Improve Critical Thinking Skill Students. Edu-Sains, 3(1), 28–37.
Utama, N. G., Rahmatan, H., & Azhar, A. (2019). Penerapan LKPD Berbasis Learning Cycle 5E Terintegrasi Nilai Islami Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 47–54. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13550
Wirawan, P. W., & Mukid, M. A. (2017). Penerapan Learning Management System (Lms) Pada Sekolah Menengah Pertama Dan Sekolah Menengah Atas. Fakultas Sains Dan Matematika, Universitas Diponegoro, 11–16.
Wulandari, S. H., Fatah, A. H., & Anggraeni, M. E. (2019). Analisis Materi Ajar Kimia SMA/MA Kelas XII Pada Konsep Sifat Koligatif Larutan. Kanderang Tingang, 10(2), 300–320. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari
Yulasti, N. I., Rohadi, N., & Putri, D. H. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep melalui Model Learning Cycle 5E Berbantuan Virtual Lab pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 76–82. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.76-82
Zulchaidar, I. (2017). Penerapan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Smp Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Penelitian PendidikanA & A (Semarang), 34(2), 137–144. https://doi.org/10.15294/jpp.v34i2.10798