KUALITAS BUKU MENGAMATI POTENSI LOKAL DAERAH PERBATASAN TIMOR TENGAH UTARA SEBAGAI BUKU SUPLEMEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Main Article Content

Maria Rosalinda Talan Rince Jalla Wabang Ferdinandus Siki Maria Prisila Oki Magdalena Novembria Lotu

Abstract

Untuk menciptakan pendidikan yang bermutu, buku teks yang akan digunakan  dalam pembelajaran perlu ditelaah kualitasnya terlebih dahulu sebelum digunakan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas buku teks pelajaran berjudul Mengamati Potensi Lokal Daerah Perbatasan Timor Tengah Utara  yang merupakan hasil pengembangan buku suplemen. Teknik yang digunakan dalam mengumpul data kualitas buku suplemen adalah teknik angket, observasi, dan tes. Penganalisisan data menggunakan teknik analisis deskriptif  kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kevalidan buku suplemen yaitu 94% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Aspek kepraktisan yang meliputi respons pendidik yaitu 95% dan respons peserta didik yaitu 97% termasuk dalam kategori sangat praktis. Aspek keefektifan yang meliputi aktivitas pendidik yaitu 94%, aktivitas peserta didik yaitu 81%, dan nilai rata-rata peserta didik 84 termasuk dalam kategori sangat efektif.   Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku suplemen Mengamati Potensi Lokal Daerah Perbatasan Timor Tengah Utara sangat berkualitas sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Talan, R. Wabang, F. Siki, M. Oki, and M. Lotu, “KUALITAS BUKU MENGAMATI POTENSI LOKAL DAERAH PERBATASAN TIMOR TENGAH UTARA SEBAGAI BUKU SUPLEMEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 157-162, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Muslich, Mansur. (2010). Texbook Writing: Dasar-Dasar Pemahaman Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Jokjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nieveen, N. dkk. 1999. Design Approaches and Tools in
Education and Training. Dordrecht: ICO Cluwer
Academic Publisher.
Oury, Merliana Novita Ina. 2021. “Keterbacaan Teks BSE Bahasa Indonesia Kelas VII Siswa SMP Kristen Kefamenanu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Universitas Timor: Kefamenanu
Pramesti, Santika Lya Diah. 2017. “Analisis Materi dan Penyajian Buku Teks Matematika sebagai Sumber Belajar Matematika”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Volume 5 Nomor 1.
Rahayu, Imaniah Kusuma dan M.R. Talan. 2020. “Integrasi Keunggulan Lokal NTT dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Sasando.Volume 3 Nomor 2.
Syarifa, Lu’ul Lailatis, dkk. 2015. “Pengembangan Buku Pengayaan Teknik Memproduksi Teks Cerita Ulang yang Bermuatan Kearifan Lokal bagi Peserta Didik Kelas XI SMA”. Seloka. Volume 4 Nomor 2.
Tarigan, H. G. dan Djago Tarigan. 1990. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.