RETROGRESI PENGGUNAAN MEDIA DARING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Melisa Prawitasari Sriwati . Heri Susanto

Abstract

Pelaksanaan pendidikan seyogyanya dapat bersinergi dalam berbagai kondisi. Bahkan ketika dilanda pandemi Covid-19, para pendidik dan peserta didik dituntut untuk terus berjuang agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik, namun minim  resiko penularan. Oleh sebab itu, selama pandemi proses pembelajaran diarahkan pada penggunaan media dalam jaringan (daring). Melalui penelitian ini diharapkan dapat mengetahui bagaimana penggunaan media daring dalam pembelajaran sejarah di Kota Banjarmasin.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan jenis  penelitian  yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, sumber data ditentukan secara purposive dan snowball. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang sudah dihimpun dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi yang sering digunakan oleh guru-guru mata pelajaran sejarah SMA di Kota Banjarmasin dalam pembelajaran daring adalah Whatsapp, Google Classroom, Google Meet, Zoom Meeting, dan Learning Management System (LMS). Proses pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan fitur-fitur umum yang terdapat dalam aplikasi, yaitu berkirim pesan, berbagi materi dalam bentuk file, sepertimicrosoft powerpoint (ppt), modul pembelajaran, dan video, serta melalui video conference. Berbagai kendala yang dihadapi baik terkait pemanfaatan teknologi, karakteristik pengajar, dan karakteristik peserta didik berpotensi ke arah terjadinya retrogresi dalam pembelajaran daring.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Prawitasari, S. ., and H. Susanto, “RETROGRESI PENGGUNAAN MEDIA DARING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MASA PANDEMI COVID-19”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 173-177, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

Adisel, A., & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i1.1291
Armando, A., Saifuddin, A. F., & Karim, M. (2008). Refleksi Karakter Bangsa. Forum Kajian Antropologi Indonesia.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Raja Grafindo.
Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.
Hakim, A. B. (2016). Efektivitas Penggunaan ELearning Moodle, Google Classroom dan Edmodo. Jurnal I-Statement, 2(1), 1–6.
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda|Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 56–60.
Raharja, S., Prasojo, L. D., & Nugroho, A. A. (2011). Model Pembelajaran Berbasis Learning Management System dengan Pengembangan Software Moodle di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kependidikan, 41(1), 34–44.
Satrio, Y. D., Handayani, S., Abbas, M. H. I., & Kustiandi, J. (2020). Studi Komparasi Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi Keuangan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 29–35. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25314
Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah: Isu, Gagasan, dan Strategi Pembelajaran. Aswaja Pressindo.