PERANCANGAN VIRTUAL LABORATORY BERBASIS WEB PADA PRODI TEKNIK GRAFIKA POLIMEDIA PSDKU MEDAN

Main Article Content

Parningotan Simamora Efrizal Siregar Yusnia Sinambela Meisi Riana Nurianti Sitorus Juwairiah .

Abstract

Laboratorium Teknik Grafika memiliki banyak kendala dalam pelaksanaan proses praktikum seperti keterbatasan fasilitas dan biaya. Penyediaan peralatan dan kebutuhan bahan praktikum membutuhkan biaya yang besar sedangkan dana yang tersedia terbatas. Kelayakan Peralatan praktikum juga minim karena kualitas rendah. Fokus penelitian ini adalah adalah perancangan Virtual Laboratory pada  Praktikum Pengujian Bahan Grafika Perancangan Praktikum secara virtual dapat mengurangi kegiatan tatap muka khususnya karena Pandemi Covid 19 dan mempermudah dalam penyampaian materi dari dosen kepada praktikan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development berupa analisis kebutuhan, desain modul, produksi media berbasis virtual, evaluasi sampai produk akhir berupa praktikum berbasis Virtual.

Article Details

How to Cite
[1]
P. Simamora, E. Siregar, Y. Sinambela, M. Riana, N. Sitorus, and J. ., “PERANCANGAN VIRTUAL LABORATORY BERBASIS WEB PADA PRODI TEKNIK GRAFIKA POLIMEDIA PSDKU MEDAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 163-167, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

in (bio)chemical engineering education. Education for Chemical Engineers, 5(2), 22–27. https://doi.org/10.1016/j.ece.2010.02.001
Muhajarah, K., & Sulthon, M. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 77. https://doi.org/10.31764/justek.v3i2.3553
Saleh, K. F., Mohamed, A. M., & Madkour, H. (2009). Developing Virtual Laboratories Environments for Engineering Education. International Journal of Arts and Sciences, 3(1), 9–17.
Yeni, L. F. (2016). Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Kuliah Microbiology Sub Materi Isolasi Bakteri. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 6(1), 57–67. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v6i1.17591
Zuanita Adriyania. (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Fisika-Kimia Berbasis Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Calon Guru MI/SD. 01(02), 61–69.