PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INTRUCTION PERSERTA DIDIK AKUNTANSI BANK SMKN 1 PINRANG

Main Article Content

Desy Hardi Yanti Muh. Yahya Muh. Fahreza

Abstract

Penelitian Quasi Experimental (Eksperimen Semu).Desain eksperimen menggunakan Pre-test dan Post-test (Control Group Design)bertujuan mengetahui perbandingan pemahaman konsep materi bank umum dan bank perkreditan rakyat, model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dan model pembelajaran konvensional peserta didik kelas X akuntansi 1 SMKN 1 Pinrang. Satuan eksperimennya siswa kelas X akuntansi 1 dan kelas X akuntansi 2. Teknik pengambilan sampel teknik purposive sampling.Untuk kelas X akuntansi 1 sampel model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dan kelas X akuntansi 2 sampel model pembelajaran kovensional.Pengumpulan data melalui Tes dan Dokumentasi.Teknik analisis data uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.Hasil penelitian penerapan Model Pembelajaran Problem Based Intruction pada materi bank Umum dan bank perkreditan rakyat kelas X AKL 1 SMKN 1 Pinrang berhasil. Dilihat dari kenaikan rata-rata (mean) pre-test dan post test untuk kelas eksperimen (X AKL 1) yaitu 16,97% sedangkan kenaikan rata-rata (mean) pre-test dan post test untuk kelas kontrol (X AKL 2) yaitu 5,23%.Hasil analisis terbukti ada perbandingan pemahaman konsep peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dan model pembelajaran konvensional pada materi bank umum dan bank perkreditan rakyat kelas X Akuntansi 1 SMKN 1 Pinrang, berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman konsep peserta didik.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Yanti, M. Yahya, and M. Fahreza, “PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INTRUCTION PERSERTA DIDIK AKUNTANSI BANK SMKN 1 PINRANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 186-190, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

Arikunto.(2002), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto.(2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.Unpas, FKIP. (2017). Buku Panduan Praktik Pengalaman Lapangan. Bandung: Tidak Diterbitkan.
Arikunto.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman.(2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.Unpas, FKIP. Buku Panduan Praktik Pengalaman Lapangan. Bandung: PT. Rineka Cipta.
Ernawaty.(2013). Dasar – Dasar Perbankan X Jilid 1. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Ernawaty.(2013). Dasar – Dasar Perbankan X Jilid 2. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Imas Kurniasih dan Berlin Sani.(2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Imas Kurniasih.(2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Cilacap:
Iskandar, Dadang dan Narsim.(2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi
Kemdikbud Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.(2014). Buku Siswa Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.(2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan.
Nana Sudjana.(2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Rijalul Fikri.(2013). Pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dengan pemberian Mind Mapping Terhadap Tingkat Keaktifan Siswa. Tidak diterbitkan.
Risniawati Rahayu.(2012). Penerapan Model Problem Based Instruction untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa smp.tidak diterbitkan.
Ruslan.(2009). Validasi isi: Buletin Pa’biritta No.10 Tahun IV. ISSN: 1829-6335. pp.18-19
Rusman.(2013). Model - model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Slameto.(2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Slameto.(2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Sudjana,Nana.(2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suyadi.(2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Rosdakarya.
Syah,Muhibbin.(2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Syaiful.
Wahyu.(2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wina Sanjaya.(2014). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Tentang Perjuangan Memproklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Di SD Negeri Pasirpari Kecamatan Ciwidey Kota Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Sripsi. UNPAS.
Virlianti.(2002).Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Tentang Perjuangan Memproklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Di SD Negeri Pasirpari Kecamatan Ciwidey Kota Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Sripsi. UNPAS.