STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMKS YAPTA TAKALAR STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMKS YAPTA TAKALAR

Main Article Content

Nur Asiah Muhammad Arif Tiro Eka Apriyanti

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan strategi kepala sekolah, hambatan yang terjadi, dan upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMKS Yapta Takalar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menganalisis hasil penelitian berdasarkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di SMKS Yapta Takalar yaitu: strategi pembinaan kinerja guru, strategi pengawasan atau supervisi, strategi pembinaan disiplin, strategi pemberian motivasi, dan strategi pemberian penghargaan. Hambatan yang terjadi adalah beberapa guru tidak memiliki kemampuan dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran, kurangnya pemahaman beberapa guru mengenai indikator yang diukur dalam pelaksanaan supervisi, dan kedisiplinan guru yang masih rendah.  Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMKS Yapta Takalar  yaitu  membina  guru secara intens dan berkelanjutan dalam kegiatan pembinaan kinerja guru, selain itu, kepala sekolah memotivasi dan membuat peraturan disiplin lebih tegas di sekolah.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Asiah, M. Tiro, and E. Apriyanti, “STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMKS YAPTA TAKALAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 211-217, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

Alam, N, Supriyanto, H, Burhanuddin. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, volume: 1 (1). http://journal.um.ac.id/index.php/ jptpp/article/view/8146.
Arjunaita, Fitria, H, Rohana. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Menerapkan Disiplin Kerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, volume 4 (2). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/631
Aqib, Z. (2013). Model-model Media dan Strategi Pembelajaran kontekstual Inovatif. Bandung: Yrama Widya.
Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Arsyad, (2004). Kreatif Mengembangkan Media pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Asyhar, H. R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada.
Azhar. 2008. Pengaruh Disiplin Belajar di rumah Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Tinggi no.3 Vol.1 Oktober 2008.
Azhar, A 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Andriyanto, Y & Suyato. 2016. He Use Of Google Search Learning Civic Education In Sman 1 Tempel. Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum. https://docplayer.info/40271535-Penggunaan-situs-google -search-dalam-pembelajaran-pendidikan-kewarganegaraan-pkn-di-sma-n-1-tempel.html.
Barhomi, C. 2015. Effectiveness of WhatsApp Mobile Learning Activities Guided by Activity eory on Students Knowledge Mangement. Journal of Contemporary Educational Technology, Vol 6 (3).
Creswell, J.W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Djamarah, S.B & Zain, A. 2010. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S.B & Zain, A. 2010. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para ahli. Hengkiriawan. Http://blogspot. com/2012/03/pengertian-prestasi-belajar.htm.
Dyah, T. 2018. Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Proses Pembelajaran pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 9 Malang.
Dewi, W. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, volume 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/eduka
Fatikah, N & Fildayanti. 2019. Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Motivasi dan Etos Kerja Guru di SMA Negeri Bareng Jombang. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), volume 2 (2).file:///C:/Users/My_PC/AppData/Local/Temp/989Article%20 Text- 2745-2-10-20191230.pdf
Gafar, A. 2008. Penggunaan Internet sebagai Media baru dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, volume 2 (8).
Gagne. 1990. Hubungan Antara Keterbacaan modul dan Motivasi Bresprestasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Heinich, M & Russel. 1993. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para ahli. Hengkiriawan.blogspot.com/2012/03/pengertian-prestasi-belajar.htm.
Heri & Helmi. 2019. Hubungan Antara Keterbacaan modul dan Motivasi Bresprestasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Imron, A. 2012. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara .
Lailatussaadah. 2020. Faktor-Faktor Penunjang dan Penghambat Pelaksanaan Pembelajaran Daring (Online) ppg dalam Jabatan (Daljab) pada Guru Perempuan di Aceh. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, volume 6 (2). file:///C:/Users/My_PC/AppData/Local/Temp/7735-19863-1-PB.pdf.
Lestari, S. 2020. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan TIK oleh Guru. Jurnal Kwangsan, volume 3 (2). https://media. neliti. com/media/publications/286945-faktor-faktor-yang mempengaruhi-p emanfaa-2cbdee3a.pdf
Maisyaroh. 2001. Supervisi Klinis Salah Satu Pendekatan dalam Pelaksanaan Supervisi Pengajaran. Malang: LP3 UM.
Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Marjuni. 2020, Penghargaan Profesi Guru Sebagai Agen Perubahan. Jurnal UIN volume 9 (2). file:///C:/Users/My_PC/AppData/ Local/Temp/18341-50128-1-SM.pdf
Miarso, 2004. Media Pembelajaran. Tutorial Nurani Sejahtera.
Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.
Mulyasa, E. 2005. Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakrya’
Mukhtar. 2015. Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMP Negeri di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala, volume 3 (3). https://media.neliti.com/media/ publications/93917-ID-strategi-kepala-sekolah-dalam-meningkat ksn-kinerja-guru.pdf
Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group
Murniasih, S. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Empirik SMK Muhammadiyah 3 Surakarta). Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Nursalam & Efendi, F. 2008. Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika
Prasetyo, A. 2008. Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran. Http://Ardyprasetyo.wordpress.com/2008/04/12/pemanfaatan-internet sebagai-media- pembelajaran.htm.
Purwanto, Pramono, Asbari, Hyun, Wijayanti, Putri, Santoso. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, Volume 2 (1). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Purwanto, N. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Putria, H, Maula, L.H, Uswatun, D.I. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu volume 4 (4). https://jbasic. org/index.php/basi cedu/article/view/460
Rayandra A. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Ridwan. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Akuntansi Mata Pelajaran Fiqih di SMK YPM 3 Taman Sidoarjo.
Rudi, S & Cepi, R. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung; Alfabeta
Ruslan, 2009. Validasi isi: Buletin Pa’biritta No.10 Tahun IV. ISSN: 1829-6335
Santyasa, 2007. Media pembelajaran hakikat dan pemampaatan sumber belajar. Rineka Cipta.
Salsabila, Lestari, Habibah, Andaresta, Yulianingsih. 2020. Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar Volume 2 (2). file:///C:/Users/My_PC/AppData/Local/Temp/1070-3861-1-PB.pdf
Sadiman. A.S, Rahardjo, R, Haryono, A, Rahardjito. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shahab, 2000. Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Universitas Batanghari Jambi
Siti, N.F. 2013. Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Web Enhanced Course pada Mata Kuliah Fisika Dasar 2 Jurusan Fisika Unnes.
Sidiq, R. 2019. Pemanfaatan Whatsapp Group Dalam Pengimplementasian Nilai-Nilai Karakter Pancasila Pada Era Disrupsi, Jurnal Unimed, Voume 4 (2). Https://Jurnal.Unimed.a c.Id/ 2012/Index.Php/Ph/Article/View/16304\
Sudjana & Rivai, 1992. Media Pembelajran; Konsep keterbaruan dalam pembelajaran, Gaung Persada Press: Ciputat
Suadi, Depi & Makmur. 2015. Revolusi Sumber Informasi Digital. Yogyakarta: Bulaksumur Empat
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Shulhan, M & Soim. 2013. Manajemen Pendidikan Islam “Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam”. Yogyakarta: Teras.
Syaifi, M. 2017. Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolahdalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMAN 3 Dusun Selatan
Kabupaten Barito Selatan. Tesis: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya. http://digilib.iain palangkaraya.ac.id/ 1038/ 1/Tesis%20M.%20Syaifi.pdf.
Teheresia, A.P. 2009. Mahir dalam 7 hari Berinternet dengan google.. Yogyakarta: Andi Yogyakarta dan Madcoms.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: citra umbara.
Uriatman, M. 2015. Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Jurnal Manajemen Pendiidkan, volume 9 (6). https://media.neliti.com/media/publications/270940-upaya-kepala-sekolah-dalam-meningkatkan-74a40f55.pdf.
Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik
dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yudhi, M. 2008. Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru. Gaung Persada Press: Ciputat.
Yuanta, F. 2019. Pengembangan Media Video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar.
Zainuddin. 2017. Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Kabanjahe. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, volume 1 (2). http://jurnal. uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/article/view/1134.