PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUESTIONS BOX MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SMANPINRANG

Main Article Content

Ratna . Muh. Yahya Muh. Fahreza Elpisah .

Abstract

Penelitian (PTK), bertujuan meningkatkan motivasi siswa kelas X IPS 1 pada mata pelajaran ekonomi SMAN 3 Pinrang melalui penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan question box, Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observasi), refleksi. Subjek penelitian ini kelas X IPS 1  SMA Negeri 3 Pinrang yang terdiri dari 28 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket/kuesioner, dan tes hasil belajar, sedangkan instrument penelitian yaitu observasi, kuesioner dan tes hasil belajar (THB).Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Question Box dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 1, terbukti dari nilai rata-rata prestasi belajar sebelum dilakukan tindakan adalah 60 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 40,91%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 20,99% dengan nilai rata-rata sebesar 70,95 dengan persentase ketercapaian sebesar 61,90% pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 75 dengan persentase atau mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 22,91%.

Article Details

How to Cite
[1]
R. ., M. Yahya, M. Fahreza, and E. ., “PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUESTIONS BOX MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SMANPINRANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 13-18, Dec. 2021.
Section
Artikel

References

Al-Farizi. (2005). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Agus Suprijono. 2009 . Cooperative Learning Teori dan aplikasi PAIKEM garis dan sudut melalui strategi pembelajaran lightening The Learning.
Arends. (2007). Model Pembelajaran Inovatif Problem Based learning. Jakarta : Bumi Aksara .
Baharuddin, & Esa Nur Wahyuni.2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fogarty, Robin. (1997). Pbt Add other Curriculum Models For The Multiple Intelegences Classroom. Melbourne.
Made Wena. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Jakarta: PT Bumi aksara.
Nasution, S. (1982). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Edisi Pertama. Jakarta : Bina Aksara.
Norris, S.P dan Ennis. R.H. (1989). Evaluating Critical Thinking. Pacipic Grove.
Purwanto Ngalim. (1990). Belajar Berhubungan Dengan Perubahan Tingkah Laku. Jakarta.
Sapriya. (2012). Pendidikan Ips,Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Resda Karya .
Slamet. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Wina Sanjaya. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Al-Farizi. (2005). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning Teori dan aplikasi PAIKEM garis dan sudut melalui strategi pembelajaran lightening The Learning.
Arends. (2007). Model Pembelajaran Inovatif Problem Based learning. Jakarta : Bumi Aksara .
Baharuddin, & Esa Nur Wahyuni.2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fogarty, Robin. (1997).Pbt Add other Curriculum Models For The Multiple Intelegences Classroom. Melbourne.
Made Wena. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Jakarta: PT Bumi aksara.
Nasution, S. (1982). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Edisi Pertama. Jakarta : Bina Aksara.
Norris, S.P dan Ennis. R.H. (1989). Evaluating Critical Thinking. Pacipic Grove.
Purwanto Ngalim. (1990). Belajar Berhubungan Dengan Perubahan Tingkah Laku. Jakarta.
Sapriya. (2012). Pendidikan Ips,Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Resda Karya .
Slamet. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Wina Sanjaya. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.