PERSEPSI DAN KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN E-LEARNING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI GUGUS 1 KECAMATAN SUSUT

Main Article Content

Ni Made Ayu Purnami Ida Bagus Arya Lawa Manuaba

Abstract

Dampak pandemi covid-19 terhadap sistem pendidikan di Indonesia mengakibatkan terganggunya sistem pembelajaran disertai dengan beralihnya pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana persepsi dan hambatan guru dalam melakukan e-learning pada saat pandemi virus corona di gugus 1 yang terdiri dari enam sekolah negeri tingkat sekolah dasar di Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali. Enam sekolah dasar negeri tersebut diantaranya SDN 1 Tiga, SDN 2 Tiga, SDN 3 Tiga, SDN 4 Tiga, SDN 5 Tiga, dan SDN 6 Tiga.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Kelemahan pembelajaran online yakni pembelajaran online tidak berjalan efektif disebabkan banyaknya siswa yang tidak memiliki perangkat seperti handphone, ketergantungan akan kuota internet, ketersediaan jaringan yang memadai, kesulitan guru dalam mendampingi siswa belajar, dan guru sulit dalam memantau perilaku dan disiplin siswa. Implementasi kurikulum dalam masa pandemi covid-19 terlaksana dengan cukup baik melalui diberlakukannya kurikulum darurat. Rancangan guru dalam memberikan penilaian akhir hasil belajar bagi peserta didik melalui pengumpulan tugas, penilaian ulangan harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester dan fortofolio. Saran bagi para guru dan siswa agar proses belajar mengajar secara online menjadi lebih menyenangkan melalui penggunaan metode yang bervariasi, seperti penggunaan media pembelajaran yang inovatif.    

Article Details

How to Cite
[1]
N. M. Purnami and I. B. A. Manuaba, “PERSEPSI DAN KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN E-LEARNING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI GUGUS 1 KECAMATAN SUSUT”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 524-532, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Afifudin, & Saebani, B. A. (2009). Qualitative Research Method. Bandung: Pustaka Setia
Australian Government Department of Health. (2020). Physical Distancing for Coronavirus (Covid-19). Retrieved on September 23rd, 2020 at https://www.health.gov.au/news/health-alerts/novel-coronavirus-2019-ncov-health-alert/how-to-protect-yourself-and-others-from-coronavirus-covid-19/physical-distancing-for-coronavirus-covid-19
BBC. (2020). Coronavirus: What are Social Distancing and Self-Isolation Rules? BBC retrieved on August 11th, 2020 on https://www.bbc.co.uk/news/uk-51506729
Braisilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to online education in schools during a pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/pr/7937
Brown, M.D. (2000). Education World: Technology in the Classroom: Virtual High Schools, Part 1, The Voices of Experience. http://www.education-world.com/a_tech/tech052.shtml
Hardjito. (2002). Internet untuk Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan. Edisi No.10/VI/Teknodik/Oktober/2002. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan Depdiknas.
Hidayat, A.A. (2010). Health Research Method: Quantitative Paradigm. Jakarta: Health Books.
Johns Hopkins University Center for Systems Science and Engineering. (2020).
Retrieved on August 6th, 2020 at https://gisanddata.maps.arcgis.com/apps/opsdashboard/index.html#/bda7594740fd40299423467b48e9ecf6
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Retrieved on October 26th, 2020 at https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
Mardalis. (2008). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
McMillan, J.H. & Schumacher, S. (2010). Research in Education: Evidence-Based Inquiry (Seventh Edition). Virginia Commonwealth University: Pearson.
Muhdi, & Nurkolis. (2021). Keefektifan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212–228. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535
Sastrianingrum, A.P. & Prasetyo, I. (2021). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Universitas Negeri Yogyakarta : Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini retrieved on August 29th, 2020 at https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/574
Siahaan, S. (2003). E-Learning (Pembelajaran Elektronik) sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No.042-Mei 2003. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. (2009). Quantitative, Qualitative and R&D Research Method. Bandung: Alfabeta
Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Corona Virus Pushes Education Online. Nature Material, 19, 687. https://doi.org/https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8
WHO. (2020). Overview, Prevention, Symptoms. Retrieved on August 10th, 2020 at https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1