INVESTIGASI PERSEPSI MAHASISWA FKHUNDANA TERHADAP PENERAPAN INOVASIPEMBELAJARAN DARING SELAMA COVID19

Main Article Content

Dede Rival Novian

Abstract

Pembelajaran dalam jaringan (daring) telah dipilih untuk diterapkan di seluruh perguruan tinggi di Indonesia, ini juga berlaku untuk mahasiswa di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana (FKH Undana). Pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 merupakan sebuah inovasi teknologi dalam proses kegiatan belajar mengajar, dengan adanya kuliah daring mahasiswa dan dosen tidak bertatap muka secara langsung sehingga tidak menyebarkan virus Covid-19. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menginvestigasi persepsi mahasiswa terhadap interaksi yang dilakukan oleh dosen dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan mahasiswa selama pembelajaran daring dari rentang waktu bulan Maret 2020 sampai saat ini tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah survei online menggunakan google forms. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring tidak baik sekali. Mayoritas mahasiswa mengalami kesulitan berinteraksi dengan dosen dan dengan mahasiswa ketika perkuliahan berlangsung secara online. Jika dibiarkan maka hal ini dapat membuat mahasiswa tidak nyaman dalam belajar sehinga tujuan pembelajaran akan sulit dicapai secara optimal

Article Details

How to Cite
[1]
D. Novian, “INVESTIGASI PERSEPSI MAHASISWA FKHUNDANA TERHADAP PENERAPAN INOVASIPEMBELAJARAN DARING SELAMA COVID19”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 447-451, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

Bali, S., & Liu, M. C. (2018). Students' perceptions toward online learning and face-toface learning courses. Journal of Physics: Conference Series, 1108 012094.
Boone, H. N. J., & Boone, D. A. (2012). Analyzing Likert data. Journal of Extension, 50(2), 30.
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Boston: MA Pearson.
Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22.
Fortune, M. F., Spielman, M., & Pangelinan, D. T. (2011). Students’ Perceptions of Online or Face-to-Face Learning and Social Media in Hospitality, Recreation and Tourism. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 7(1), 1–16.
Griffith, J. (2002). Is quality/effectiveness an empirically demonstrable school attribute? Statistical aids for determining appropriate levels of analysis. School Effectiveness and School Improvement, 13(1), 91–122.
Juniarti, N., Bahari Y., Riva'ie, W. 2015 Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belaja Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1), 1-11.
Kauffman, H. (2015). A review of predictive factors of student success in and satisfaction with online learning. Research in Learning Technology, 23, 1–13.
Kemendikbud, H. D. P. T. (2020). Praktik Baik Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi Masa Pandemi Covid-19. Siaran Pers Nomor : 030/Sipers/IV/2020. (Online), (https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/praktik-baik-pembelajaran-daring-di-perguruan-tinggi-masa-pandemi-covid-19) diakses 5 Mei 2021.
Koohang, A., & Durante, A. (2003). Learners' Perceptions toward the Web-based Distance Learning Activities/Assignments Portion of an Undergraduate Hybrid Instructional Model. Journal of Information Technology Education: Research, 2, 105–113
Naibaho, M. E. (2012). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 41 Medan. Jurnal Penelitian.
Nasution, N. C. (2018). Dukungan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Hikmah. Jurnal Dakwah, 12 (2), 159-17.
Pratiwi, N. I., Yusmansyah, dan Mayasari S. 2015. Peningkatan Interaksi Sosial Dengan Menggunakan Layanan Konseling Kelompok. Alibkin (Jurnal Bimbingan Konseling), 4(1).
Sidik Z, Soband, A (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui kemampuan komunikasi interpersonal guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 190-198.
Smith, P. J., Murphy, K. L., & Mahoney, S. E. (2003). Towards identifying factors underlying readiness for online learning: An exploratory study. International Journal of Phytoremediation, 24(1), 57–67.
Sukatiman, Roemintoyo R, dkk, 2020. Kolaborasi Guru-Dosen Dalam Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan islam dan multicultural, 2(2) .82-92.
Tuti, K. N., Mawardi. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas 4 Sd Negeri 05 Angan Tembawang. Jurnal basicedu, jurnal of elementary education, 3(2).