MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA ( FISIKA ) PADA MATERI GETARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Main Article Content

Nuryati .

Abstract

Penelitian ini dilakukan dari rendanya hasil belajar siswa yang di sebabkan ketidak tertarikan siswa terhadap pelajaran IPA Alat dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes tulis dalam 3 siklus, dari hasil tes tersebut dianalisis sebelum dan sesudah mengggunakan metode pembelajara kooperatif pada silus I hasilnya adalah 70% tuntas dan 30% tidak tuntas ,Siklus II diperoleh 85% tuntas dan 15% tidak tuntas, Siklus III diproleh hasil 90 % siswa tuntas dan 10% siswa tidak tuntas.Akhirnya diperoleh simpulan strategi pembelajaran Kooperatif telah mampu meningkatkan KKM siswa pada mata pelajaran IPA (Fisika) hingga mencapai 90% dan telah mencapai ketuntasan klasikal lebih dari 85%.

Article Details

How to Cite
[1]
N. ., “MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA ( FISIKA ) PADA MATERI GETARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 283-284, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Aloysius, Suyitno, dkk, 2008, IPA Terpadu2, Bogor: Yudhistira.
Amir Hamzah, Sulaiman, 1988, Media AudioVisual, Jakarta: PT. Gramedia
Qodratillah, Meity Taqdir, 2011, Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar, Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Wahyudin, 2008, Pembelajaran Dan Model-model Pembelajaran, Jakarta: IPA Abong.
Zuriah, N. 2003. Penelitian Tidakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Pertama. Malang: Bayu Media Publishing