PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN HOMESCHOOLING BERBANTUAN METODE MONTESSORI UNTUK PENGENALAN BAHASA INGGRIS DASAR PADA ANAK

Main Article Content

Luh Made Dwi Wedayanthi Ni Made Ayu Purnami

Abstract

Pandemi covid-19 yang berimbas juga kepada dunia pendidikan yang harus melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh menyebabkan juga permasalahan baru mengenai pendampingan belajar siswa khususnya siswa usia TK dalam melaksanakan pembelajaran secara daring dengan pendampingan orang tua di rumah. Berangkat dari permasalahan awal ini, penulis mengadakan penelitian pengembangan buku panduan homeschooling berbantuan metode Montessori untuk pengenalan bahasa Inggris dasar untuk siswa TK B di Kiddos Preschool Gianyar. Kiddos Preschool dipilih sebagai lokasi karena siswa TK B di sekolah tersebut menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris dalam pembelajarannya baik online maupun saat kelas offline. Jumlah subjek yang dipergunakan untuk uji produk kelompok kecil adalah sejumlah 15 orang tua beserta anaknya sebagai siswa TK B. Dari hasil penelitian pengembangan tersebut didapatkan hasil bahwa buku panduan ini sangat baik dipergunakan untuk mengenalkan bahasa Inggris dasar pada anak usia TK B. Ditambah lagi ketika uji kelompok kecil didapatkan hasil keefektifan yang sangat efektif buku ini dipergunakan sebagai panduan homeschooling oleh orang tua kepada anaknya dalam pengenalan bahasa Inggris dasar.

Article Details

How to Cite
[1]
L. M. Wedayanthi and N. M. Purnami, “PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN HOMESCHOOLING BERBANTUAN METODE MONTESSORI UNTUK PENGENALAN BAHASA INGGRIS DASAR PADA ANAK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 68-71, Dec. 2021.
Section
Artikel

References

Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction (4 th ed). New York: Longman Inc.
Bustomi, M Yasid. 2012.Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi dan. Kecerdasan Anak Usia Dini. Jakarta : Citra Publishing.
Cheriana, Linda.2018. Increasing English Skills in Children Ages 5-6 Years through Montessory Method in TK KIDEA Kelapa Kading, North Jakarta. Bina Manfaat Ilmu; Jurnal Pendidikan, Vol.02,No.03,Oktober 2018. DOI: https://core.ac.uk/reader/267884770
Emzir. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif.Jakarta:Rajawali Pers
Ghozali.2017. Konsep Homeschooling Maria Montessori dalam Perspektif Pendidikan Islam. Unpublished thesis; Universitas Islam Indonesia
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif,R&D.Bandung: Alfabeta.
Wartha, IBN.2011. Metode Homeschooling, Model Pendidikan Anak Usia Dini di Masyarakat. Articles: Jurnal Santiaji Pendidikan vol 1 no 2 (2011) DOI: https://doi.org/10.36733/jsp.v1i2.484

Wedayanthi, L.M.D, Purnami, M A, Adiwijaya P.A. (2021). METODE MONTESSORI UNTUK SISWA SD DI DESA DEMULIH PADA MASA PANDEMI COVID-19. 4, 936–940.