ANALISIS KETERCAPAIAN STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SMA SWASTA SULTAN AGUNG PEMATANGSIANTAR

Main Article Content

Kisno - Sherly Sherly Kevin Indajang Edy Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketercapaian indikator-indikator standar pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Swasta Sultan Agung Pematangsiantar sekaligus solusi penyelesaiannya. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulkan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 19 indikator terdapat 8 indikator yang mendapat nilai A, 4 indikator mendapat nilai B, 2 indikator mendapat nilai C, 1 indikator mendapat nilai D dan 4 indikator mendapat nilai E. Dengan demikian persentasi ketercapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Swasta Sultan Agung Pematangsiantar adalah 64%.Terhadap indikator standar pendidik dan tenaga kependidikan yang belum terpenuhi hendaknya adanya kerjasama antara yayasan, pimpinan dan guru SMA Sultan Agung Pematangsiantar untuk memenuhinya agar mendapat nilai maksimal untuk akreditasi mendatang. Indikator yang telah terpenuhi kiranya dapat terus ditingkatkan untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SMA Swasta Sultan Agung Pematangsiantar.

Article Details

How to Cite
[1]
K. -, S. Sherly, K. Indajang, and E. Dharma, “ANALISIS KETERCAPAIAN STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SMA SWASTA SULTAN AGUNG PEMATANGSIANTAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 456-462, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

Afriansyah, P. A. “Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan,” OSF Prepr., vol. 2, 2020.
Bachtiar, M.Y. “Pendidik dan Tenaga Kependidikan,” Publ. Pendidik., vol. 6, no. 3, 2016.
Dewabrata, M. “Hasil PISA 2018 Resmi Diumumkan, Indonesia Alami Penurunan Skor di Setiap Bidang,” 2019. https://www.zenius.net/blog/23169/pisa-20182-2019-standar-internasional.
Indajang, K. Jufrizen. & Juliandi, A. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru Pada Yayasan Perguruan Sultan Agung Pematangsiantar.JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 12 (2): 393-406.
Johan, “Analisis Kebutuhan Pelatihan untuk Memenuhi Kompetensi Literasi Informasi Pengelola Perpustakaan Sekolah.,” J. Edulib, vol. 2, no. 2, 2018.
Karenina dkk, “Profil Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan, Ketuntasan Belajar Berbasis UN dan Proses Pembelajaran di Salah Satu Sekolah Menengah Pertama di Kab. Magetan,” in Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 2015, pp. 676–684.
Karyanto dkk, “Implikasi Akreditasi Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Tata Kelola SMK Negeri 1 OKU,” J. Manaj. Pendidik. Indones., vol. 7, no. 2, pp. 43–57, 2015.
Kusumawardhani, “Does Teacher Certification Program Lead to Better Quality Teachers? Evidence from Indonesia,” Educ. Econ. J., vol. 25, no. 6, 2017.
Metro, “Sertifikasi Guru Sebagai Upaya Menciptakan Mutu Pendidikan,” J. Tarb., vol. 11, no. 1, 2014.
Sartibi, M. “Masalah-Masalah Pendidikan Nasional,” Fikr. J. Islam. Educ., vol. 7, no. 1, 2014.
Setiawan, R.A. “Analisis Ketercapaian Indikator Pada Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMA Muhammadiyah Cipanas,” At-Tarbawi J. Kaji. Kependidikan Islam, vol. 4, no. 1, pp. 27–40, 2019.
Shara, Afifa M., Andriani, Dinda, Ningsih, Ayu W., Kisno. (2020). Correlating Literacy and Writing Literacy in Junior High School Pematangsiantar. Journal of English Education, 5 (2), 72-85 DOI: https://doi.org/10.31327/jee.v5i2.1249
Sherly dkk, Manajemen Pendidikan (Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2020.
Setiyaningsih, C. D. “Status Akreditasi dan Kualitas Sekolah di Sekolah Dasar Negeri,” J. Manaj. dan Supervisi Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 138–145, 2017.
Sudja dan Yuesti, “The Influences of Education and Training, Leadership, Work Environment, Teacher Certification On Discipline and Teacher’s Professionality In High School at Bali Province,” Sci. Res. J., vol. 5, no. 9, pp. 2201–2796, 2017.
Suratman dkk, “Does Teacher Certification Promote Work Motivation and Teacher Performance? A Lesson from Indonesia,” Int. J. Innov. Creat. Chang., vol. 11, no. 10, 2020.
Zamroni dan Rahardjo, “Manajemen Bimbingan dan Konseling Berbasis Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014,” J. konseling gusjigang, vol. 1, no. 1, 2015.