ANALISIS PENGARUH MODEL KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA DOSEN DENGAN EMPLOYEE SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PERGURUAN TINGGI DI JOMBANG)

Main Article Content

Chairul Anam

Abstract

Organisasi pendidikan seperti kampus kian lama memiliki problem tersendiri yang semakin rumit oleh karena regulasi dan tantangan kemajuan zaman. Capaian kinerja merupakan indicator yang sangat menentukan dan sudah menjadi tuntutan wajib bagi seluruh penyelenggara pendidikan utamanya tenaga pendidik atau dosen. Peran seorang pemimpin yang haruslah mampu mengerti apa yang diinginkan oleh bawahannya yang tercermin dalam tiga perilaku atau model kepemimpinan (transactional, transformational dan servant leadership) dan tingginya komitmen serta kepuasan yang besar oleh karyawan terhadap organisasi dimana mereka bekerja (employee satisfaction).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran employee satisfactiondalam rangka memediasi tiga model kepemimpinanterhadap kinerja dosen pada perguruan tinggi di Jombang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen pengambilan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner dalam kurun waktu bulan Februari sampai dengan Juli 2021. Sampel yang digunakan sebanyak 250 orang dosen yang tersebar pada perguruan tinggi yang ada di Jombang dan analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil akhirpenelitian ini menyebutkan bahwaemployee satisfaction  tidak mampu menjembatani hubungan antara tiga model kepemimpinan terhadap capaian kinerja. Sehingga ketiga model kepemimpinan memberikanefek dominan secara langsungjika dibandingkan dengan jika harus melalui variable interveningnya.

Article Details

How to Cite
[1]
C. Anam, “ANALISIS PENGARUH MODEL KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA DOSEN DENGAN EMPLOYEE SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PERGURUAN TINGGI DI JOMBANG)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, pp. 19-23, Dec. 2021.
Section
Artikel

References

Barbuto, J.E. dan Wheeler, D.W. (2002) Becoming a Servant Leader: Do You Have What it Takes?, NebGuide G02-1481-A. Lincoln: University of Nebraska.
Damayanti, A.P. (2013) Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surakarta, Jupe UNS, Vol 2, No.1, Oktober 2013.
Dessler, G. (2000) Manajemen Sumber Daya Manusia (Alih bahasa: Paramita Rahayu). Edisi kesepuluh jilid 1 dan 2. Jakarta: PT.Indeks.
Federman, B. (2009) Employee Engagement: A Roadmap for Creating Profits, Optimizing Performance, and Increasing Loyalty. San Fransisco : Jossey-Bass A Wiley Imprint.
Mangkunagara. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
McBain, R. (2007) The Practice of Engagement, Research into Current Employee Engagement Practice. Vol 6 (6), 34.
McNee-Smith, D.K. (1991) The Impact of Leadership Behaviors Upon Job Satisfaction, Productivity, and Organizational Commitment of Followers. UMI No. 9129739. Dissertation of Seattle University.
Moleong, L.J. (
STIESIA Surabaya, Tanggal 2-3 Juni 2012.
Spears, L. (1996) Reflections on Robert K. Greenleaf and Servant Leadership. Leadership & Organization Development Journal, 17 (7), 33-35.
Sugiyono. (2005) Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Supranto, J. (2013) Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta, Jakarta.
Thoha, M. (1983) Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.
Tritch, T. (2003) Engagement Drives Results at New Century. Gallup Management Journal, 11(3), 12-13.
Walgito, B. (2001) Psikologi Sosial, Yogyakarta: Andi Offset.
Wellings, R. (2010) Employee Engagement: The Key to Realizing Competitive Advantage. Journal of Development Dimensions International, Inc., MMV.
Whitney, F. (1960) The Element Of Research. New York : Prentice-Hall, Inc.