PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL HURUF DAN ANGKA DENGAN MODEL ADDIE

Main Article Content

Alvi Aliyanti Dwi Anggraini Iskandar Wiryokusumo Ibut Priono Leksono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok A melalui multimedia pembelajaran interaktif mengenal huruf dan angkaberdasarkan masalah pada anak kelompok A di RA Shafa wa Marwah Tulangan. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE. Yang diantaranya adalah melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, merancang konsep produk, mengembangkan produk, penggunaan produk ke peserta didik sebagai proses evaluasi, dan evaluasi produk. Hasil pengembangan berupa produk multimedia pembelajaran interaktif untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok A. Pengembangan media tersebut mencakup materi tentang pengenalan huruf dan angka. Penelitian dilakukan di kelas A di RA Shafa wa Marwah Tulangan.Berdasarkan uji formatif kepada ahli dan anak diperoleh data kualitatif yaitu data kualitatif merupakan saran-saran dari ahli dan data kuantitatif berupa persentase dari lembar observasi anak. Dari penilaian uji formatifoleh para ahli dan juga observassi kepada anak,multimedia pembelajaran interaktif pengenalan huruf dan angka layak dan efektif, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan koqnitif anak kelompok A. Hal tersebut terbukti dari data hasil penelitian sebagai berikut: dari hasil validasi ahli yaitu ahli media didapatkan hasil layak dari semua aspek, ahli desain didapatkan hasil layak dari semua aspek, dan ahli isi/ materi juga didapatkan layak dari semua aspek. Dan hasil uji coba perorangan anak di dapat hasil yaitu semua anak mendapatkan nilai  dari semua aspek yang dinilai. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan 10 anak mendapatkan hasil  pada semua aspek yang dinilai. Dan hasil uji lapangan anak menunjukkan bahwa 30 anak adalah .  Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif pengenalan huruf dan angka pada AUD untuk digunakan dalam mengembangkan kognitif pada anak Kelompok A di RA Shafa wa Marwah Tulangan.

Article Details

How to Cite
[1]
A. A. Anggraini, I. Wiryokusumo, and I. Leksono, “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL HURUF DAN ANGKA DENGAN MODEL ADDIE”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 426-432, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

AECT. (2004). AECT definition and terminology committee document: the meanings of educational technology.
Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media Pembelajaran Interaktif menggunakan PowerPoint VBA pada Penyajian Data Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 17-31. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/10635 (diakses pada tanggal 12 Oktober 2020)
Bakhri, S. (2019). Animasi Interaktif Pembelajaran Huruf dan Angka Menggunakan Model ADDIE. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(2), 130-144. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/intensif/article/view/12666 diakses pada ta (diakses pada tanggal 20 Oktober 2020)
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Depdiknas. (2004). Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Fadhli, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis video kelas iv sekolah dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 24-33. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengembangan+media+pembelajaran+berbasis+video+kelas+iv+sekolah+dasar.&btnG (diakses pada tanggal 5 Oktober 2020)
Febiola, K. A. (2020). Hasil Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/28263(diakses pada tanggal 15 Oktober 2020)
Hamalik ( 1986 ) “ Media Pembelajaran” . Bandung: Allumni.
http://idai.or.id/publicarticles/klinik/pengasuhananak/perkembangan-literasi-anak.html
Karimah, L. (2020). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “BOLOKUNCORO” DALAM KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI DI KOTA SOLO (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Kurniasih, I. (2009). Pendidikan anak usia dini. Jakarta: Edukasia.
Margaretha, S. Y. (2000). Pembelajaran Makhluk Hidup dan Tumbuhan untuk Meningkatkan Berfikir Rasional Siswa SD kelas III.
Marlianingsih, N. (2016). Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Media Audio Visual (Animasi) Pada PAUD. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 133-140. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/782 (diakses pada tanggal 10 Oktober 2020)
Moeslichatoen, 2004, Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak,(Jakarta:PT RINEKA CIPTA)
Munir. 2012. Multimedia : Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Panggabean. (2007). Managemen Sumber Daya Manusia.Bogor: Ghalia indonesia.
Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169-178. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/7607 (diakses pada tanggal 12 Oktober 2020)
S. Malik & A. Agarwal (2012). Use of multimedia as a new educational technology tool–a study. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 2, No. 5, October 2012.
Sanaky, H. (2011) Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantera.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sholihah, Maret’atush., Afifulloh. M., L. Y. F. (2019). Penerapan Metode Bermain Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompom B Di RA Amin Pakis Malang”. Universitas Islam Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini., 1, 66. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jd/article/viewFile/3217/2866%0A%0A
Soebadi, Amanda. “Perkembangan Literasi Anak”. IDAI Indonesian Pediatric Society. 2013. 21 Februari 2014.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suharjo. (2006). Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks, 2009.
Suprayekti. (2008). Jurnal Penerapan Model Pembelajaran Interaktif. https://aunurrofiqhidayat.wordpress.com/2014/12/04/model-pembelajaran-interaktif-interactive-learning-model/ (diakses pada tanggal 12 Oktober 2020)
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/download/113/101
Triharso, Agung. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: ANDI, 2013.
Wiyani, Novan Ardy, 2014, Pikologi Perkembangan Anak Usia Dini, (Yogyakarta:Gava Media)