PENERAPAN METODE CERITA ISLAMI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI ( SMK TARBIYATUNNASI’IN PACUL GOWANG DIWEK JOMBANG )

Main Article Content

Rina Dian Rahmawati Muhammad Irfan Fauzi

Abstract

Cerita sangat erat kaitanya dengan dunia pendidikan baik di tingkat anak – anak maupun dewasa karena dengan bercerita siswa banyak mengambil hikmah dan pelajaran di dalamnya. Pemilihan jenis cerita yang baik dapat mengundang perhatian siswa untuk mendengarkan dan pesan-pesan yang di sampaikan dalam cerita bisa di terapkan di kehidupan sehari-hari, Karakter/ahlak dapat terbentuk dari berbagai aspek seperti, pembelajaran, lingkungan,budaya, dll. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Dimana yang menjadi informan utama adalah Guru Mata pelajaran PAI dan triangulatornya berjumlah 4 orang yang diambil dari kepala sekolah dan siswa-siswi kelas XI SMK Tarbiyatunnasyiin. Cerita merupakan suatu hal yang menyenangkan dalam belajar. Pemilihan jenis cerita yang baik dapat mengundang perhatian siswa untuk mendengarkan dan pesan-pesan yang di sampaikan dalam cerita bisa di terapkan di kehidupan sehari-hari Karakter/ahlak dapat terbentuk dari berbagai aspek seperti, pembelajaran, lingkungan,budaya. Metode cerita islami sangat evektif bagi siswa SMK Tarbiyatunnasyiin, karena metode ini dianggap lebih mengena ke peseta didik dengan bukti masih di terapakan di dunia pendidikan sampai sekarang.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Rahmawati and M. Fauzi, “PENERAPAN METODE CERITA ISLAMI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI ( SMK TARBIYATUNNASI’IN PACUL GOWANG DIWEK JOMBANG )”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 443-446, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Dewasti, Fadhylla Ochta Nanda. Dkk (2019). Analisis keterlibatan orang tua dalam kegiatan membacakan buku cerita untuk anak di TK Tarbiyatul Athfal. Seminar Nasional Paud 2019.
Haq, Arini. 2018. Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Metode Kisah Di SD Islami Jiwa Nala Surabaya. Jurnal kajian islami vol 1, No 2
Mufid, Fathul. (2016). Spiritual Teaching dalam membentuk karakter siswa di SMK Islam Tsamratul Huda tahunan Jepara. Jurnal penelitian pendidikan islam. Vol 11, No 2
Mustoip, Sofyan. et al. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya : Jakad Publising
Prof. Dr. Lutfi, M.S. et al. (2020). Metodologi Pembelajaran : Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang : CV. IRDH
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiarti, Yani. Priatna, Oking Setia. Nawawi, Kholil. (2017). Pengaruh metode cerita terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejara kebudayaan Islam Kelas III di MI Sirojul Falah. Attadib Joournal Of Elementary Education, vol. 1, No 2
Suryati, Eka. (2017). Implemetasi metode bercerita dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam di SDN 01 Tunas Jaya Tulang Bawang Barat. (SKRIPSI), Institut Agama Islam Negri Metro, Lampung. Retrieved From http://scholar.google.com