ANALISI PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI DESA LOBULAYAN

Main Article Content

Dwi Aninditya Siregar Lia Purnama Sari

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu penelitian yang bersifat penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis serta untuk mengangkatkan sebuah fakta, serta fenomena yang nantinya akan memberikan sebuah hasil dengan apa adanya. Subjek yang ada pada peneltian ini adalah berupa orang yang memberikan informasi yang diperlukan mengenai hal yang akan diteliti. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 10 orang tua dan 10 anak di desa Batulayan Kecamatan Angkola Julu Padangsidimpuan, lalu dilanjutkan menggunakan cara Snowball Sampling. Snowball Sampling ini adalah sebuah teknik pengambilan sampel dimana data sampel tersebut akan diperoleh melalui proses yang bergulir dari responden yang satu ke responden yang lainnya. Dari proses penelitian yang sudah dilakukan maka diperoleh hasil sebagai Orang tua belum mampu memotivasi anak dalam proses pembelajaran selama pembelajaran daring serta motivasi yang dilakukan oleh orang tua di desa tersebut belum terlaksana dengan baik hal ini dapat diketahui melalui  minimnya minat orang tua untuk melakukan perhatian serta dorongan kepada anak mereka terutama dalam proses pembelajaran, waktu anak belajar, kesulitan anak belajar juga membantu kesulitan anak belajar. Seluruh kegiatan tersebut  menyebabkan rendahnya pengetahuan dan keinginan orang tua dalam memotivasi anak dalam pembelajaran daring.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Siregar and L. Sari, “ANALISI PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI DESA LOBULAYAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 573-577, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Amoes, Grace Amalia A Anoeka, 2017, Landasan Pendidikan. Depok : PT Kharisma Utama
Eva Fakhru Ahsani, Strategi Orang Tua Dalam Mengajar Dan Mendidik Anak Dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19,Jurnal Institut Agama Islam Negri Kudus, Vol. 3 No. 1, Juni 2020.
Hus darta Dan Yudha M. Saputra, 2014, Belajar Dan Pembelajarannya:Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, Bandung: Pt Alfabeta
Pietno Djoko, 2014, Mendidik Anak Sepenuh Hati. Jakarta : PT Elex Media
Komput Indo Kelompok Gramedia
Sobur Alex, 1999, Komunikasi Orangtua Dan Anak. Bandung : PT Angkasa
Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta Media Group, 2007)