PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MODEL DRILL AND PRACTICE PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Main Article Content

Ari Lintang Indri Astuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain multimedia pembelajaran model drill and practice. Konsep fisika tentang suhu dan kalor menjadi materi dalam multimedia yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan model desain pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian adalah multimedia pembelajaran model drill and practice. Sebanyak 41 peserta didik kelas VII SMP dilibatkan dalam tahap implementasi dan evaluasi produk. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian diperoleh: (1) Desain multimedia pembelajaran model drill and practice dikembangkan menggunakan model desain ADDIE termodifikasi dengan struktur A-D-D-IE. Desain multimedia pembelajaran model drill and practice divalidasi oleh tiga orang ahli mencakup validasi desain, materi dan media. Hasil validasi diperoleh rata-rata skor pada desain 3,69; materi 3,67; dan media 3,37 dengan kriteria sangat baik.  (2) Profil multimedia pembelajaran yang dikembangkan adalah multimedia dengan model drill and practice memuat pemberian latihan soal secara berulang. Berdasarkan hasil kuesioner pada tahap implementasi dan evaluasi diperoleh rata-rata skor hasil uji one to one sebesar 11, uji kelompok kecil (small group trial) sebesar 33 dan uji lapangan (field trial) sebesar 99 dengan kriteria sangat setuju.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Lintang and I. Astuti, “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MODEL DRILL AND PRACTICE PADA MATERI SUHU DAN KALOR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 508-517, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Articulate Global. (2020). Storyline 3 Create Interactive Courses For Any Device. Retrieved from https://articulate.com/p/storyline-3#all
Azmi, N., Maryono, D., & Yuana, R.A. (2017). Development of an Android-based Learning Media Application for Visually Impaired Students. Indonesian Journal of Informatics Education, 1(1): 61-68.
Baranch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: Springer.
Chen, I. (2011). Instructional Design: Concepts, Methodologies, Tools and Applications. USA: Information Resources Management Association.
Hidayat, N. (2017). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif (Adobe Flash CS6) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Jurug Sewon. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(3): 169-172.
Kominfo. (2017). Survey Penggunaan TIK – Serta Implikasinya Terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). Qualitative Data Analysis; Second Edition. USA: Sage Publication.
Munir (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta: Bandung.
Nimodia, C., & Deshmukh, H.R. (2012). Android Operating System. Software Engineering, 3(1): 10-13.
Nurlaela. (2016). Efektivitas Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Melalui Pendekatan CTL Dalam Meningkatkan Hasil Belajar mi Tentang Pesawat Sederhana Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Hanjuang I. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1): 48-59.
OECD. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretation. Retrieved from https://www. oecd.org.Pdf
Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal DImensi Universitas Riau Kepulauan, 7(1): 19-35.
Pribadi, B. A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi. Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP.
Pusparisa, Y. (2020). Pengguna Smartphone diperkirakan Mencapai 89% Populasi pada 2025. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09 /15/pengguna-smartphone-diperkirakan-mencapai-89-populasi-pada-2025#
Rajendra. (2017). The Influence of Interactive Multimedia Technology to Enhance Achievement Students on Practice Skills in Mechanical Technology. Journal of Physics: Conference Series 953. doi: 10.1088/1742-6596/953/1/012104.
Rogers, E.M., dkk. (1971). Diffusion of Innovations. New York: The Free Press.
Rusdi. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Rusli, dkk. (2017). Multimedia Pembelajaran yang Inovatif. Yogyakarta: Andi.
Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Instructional Technology: The Definition and Domains of The Field. Sales Department: Washington.
Wiana. (2018). The Effectiveness of Using Interactive Multimedia Based on Motion Graphic in Concept Mastering Enhancement and Fashion Designing Skill in Digital Format. International Journal OfEmerging Technology in Learning, 13(2): 4-20.
Yasin, A. N. (2017). Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA. Bioedu, 6(2): 169-174.