PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA ZUFRI SWALAYAN DI KOTA PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Samakmur . Dinda Vebrina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian pada Zufri swalayan yang berada di Kota Padangsidimpuana.   Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu variabel Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), serta variabel dependen adalah Keputusan Pembelian Konsumen (Y). Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner  dan  wawancara.  Untuk  pengujian  instrumen  menggunakan  uji Validitas, Reliabilitas, dan Uji Asumsi klasik. Untuk teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Zufri swalayan (Y). Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung 6,383 > F Tabel 3,85 dengan nilai p sebesar 0,003 <0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square yang sebesar 0,232 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 53,8%. Hasil analisis dengan menggunakan   regresi   linear berganda   menunjukkan   persamaan   regresi sebagai berikut : Y = 1.744 + 0,456 X1  – 0,026 X2  + 0,012 X3 . Dan uji t diketahui bahwa secara parsial hanya variabel harga dan promosi yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat sedangkan variabel lainnya tidak berpengaruh secara signifikan. Saran utama bagi Zufri Swalayan  Kota Padangsidimpuan adalah penelitian yang berhubungan dengan perilaku konsumen khususnya mengenai pengaruh marketing mix terhadap pengambilan keputusan pembelian sekiranya dapat dijadikan acuan dalam mengambil kebijakan manajemen demi kemajuan usaha retail.

Article Details

How to Cite
[1]
S. . and D. Vebrina, “PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA ZUFRI SWALAYAN DI KOTA PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 518-523, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Assauri, Sofyan, 2007, Manajemen Pemasaran, Dasar Konsep dan Strategi, Rajawali Pers, Jakarta.
-------------, Hendry, 2000, Manajemen Pemasaran Internasional, Jilid II, Cetakan Pertama, Salemba Empat, Jakarta.
Alma, Buchari, 2007, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.
Hurriyati, Ratih, 2010, Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa
Pendidikan, Alfabeta, Bandung.
Kotler, Philip, 2002, Marketing Management, The Millenium Edition, Prentice
Hall International Editions, Upper Saddle River, New Jerscy.
----------------, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid Satu, PT. Prenhallindo, Jakarta.
----------------, 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid Dua, PT. Prenhallindo, Jakarta.
-------------------, Armstrong, 2007, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan,
PT.Indeks, Klaten.
----------------, Gary Armstrong, 2000, Marketing Management, The Millenium
Edition, Prentice Hall International, New Jersey.
----------------, Kevin Lane Keller, 2006, Marketing Management, Prentice Hall
International, Inc. Upper Saddle River, New Jersey.
Mangkunegara , A.A Anwar Prabu, 2002, Perilaku Konsumen., Edisi Revisi, Rafika Aditama, Bandung.
Ma’ruf, Hendry. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka
Rangkuti, Fredy, 2000, Riset Pemasaran, Cetakan Ketiga, Gramedia Pustaka
Umum, Jakarta.
Schiffman G leon and Leslie Lazar Kanuk, 2007, Perilaku Konsumen, PT.
Indeks, Klaten.
Swastha, Basu, DH dan Irawan, 2007, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi kedua Liberty, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy, 2002, Strategi Pemasaran, Edisi kedua, Cetakan keenam,
Andy Offset, Yogyakarta.
Umar, Husein, 2000, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT. Gramedia
Pustaka Utama, Jakarta