HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN MINAT MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA SD NEGERI KELAS V DI WILAYAH 3 KELURAHAN PEGADUNGAN JAKARTA BARAT

Main Article Content

Nina Daniati Gusti Yarmi Lidwina Sri Ardiasih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara penguasaan kosakata (X1) dan minat baca (X2) dengan kemampuan menulis naratif siswa (Y) kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dipadukan dengan metode survei dan teknik terkait untuk menjawab hipotesis yaitu: apakah ada (1) hubungan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis naratif, (2) hubungan antara minat membaca dengan keterampilan menulis naratif, (3 ) )) Hubungan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis narasi, minat baca dan keterampilan menulis narasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Kelurahan Pegadungan Jakarta Barat yang berjumlah 109 siswa. Alat yang digunakan adalah angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis narasi, rhitung 0,823 > rtabel 0,195, (2) ada hubungan antara minat baca dengan keterampilan menulis narasi, rhitung 0,766 > rtabel 0,195, (3) kosa kata Ada hubungan antara penguasaan kosa kata dengan minat baca dan kemampuan menulis naratif Koefisien korelasi ganda 0,865, dan koefisien determinasi 0,749 Artinya, hubungan antara penguasaan kosa kata dengan minat baca dan variabel keterampilan menulis naratif 74,9%. Oleh karena itu, secara umum dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan menulis narasi dapat dicapai dengan meningkatkan penguasaan kosakata dan minat baca.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Daniati, G. Yarmi, and L. Ardiasih, “HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN MINAT MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA SD NEGERI KELAS V DI WILAYAH 3 KELURAHAN PEGADUNGAN JAKARTA BARAT”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 537-543, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Syafi’i, Imam. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Perspektif Globaslisasi Dan Otonomi”, J. Bahasa dan Seni Vol. 5, No. 2, pp.88-99, 2004.
Rofi’uddin, Ahmad & Zuhdi, Darmiyati. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdikbud,1999.
Keraf, Gorys. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia, 2010.
Nurgiyantoro, Burhan. Penilaian Pengajaran Bahasa.Yogyakarta: BPFE, 2009.
Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Sobur, Alex. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia, 2010.
Efendi, Mohammad. Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara, 2006
Garnida,D. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: PT. Refika Aditama, 2015
Wiyani, Ardy. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini.Yogyakarta:GAVA MEDIA, 2014
Tarigan, Henry Guntur. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2008
Tarigan. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa, 2015
Malcolm. Grammar and Vocabulary. Jerman: Hueber, 2008
Akhadiah, S. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga, 2002.
Djiwandono, Soernadi. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Bandung: Alfabeta, 2011.
Sandjaja, S. Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau dari Pendekatan Stres Lingkungan [online]. Available: www.unika.ac.id
Nugraha, A. P., MS, Z., & Bintoro, T. Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 19, 2018.
Hasanah, dkk. Membaca Ekstensif Teori, Praktik, dan Pembelajaran, Malang: Pustaka Kaiswaran, 2011.
Harris, A.J & E.R. Sipay. How to Increase Reading Ability. New York: Longman, 1980.
Lisnawati dan Muthmainah, “Efektivitas Metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) dalam Meningkatkan Ketramplilan Membaca bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner) di SDN Demangan”, J. Psikologi Integratif 6, No. 1, 2018.
Delphie, Bandi. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi, Bandung: PT. Refika Aditama, 2006
Umroh, N.S., Adi,E.P., dan Ulfa, S. Multimedia Tutorial untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), J. Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), pp. 45-52, 2019
Djibran, Fahd. Writing is Amazing. Yogyakarta: Juxtapose, 2008.
Wibowo, B. E. “Hubungan Penguasaan Struktur Kalimat Dan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Narasi”. Joyful Learning Journal, 6(2), 83-89, 2017
Ismilasari, Y. “Penggunaan media diorama untuk peningkatan keterampilan menulis Karangan narasi pada siswa sekolah dasar”. J. Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-10, 2013
Fitri, N. “Upaya Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Anak Berkebutuhan Khusus Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SLB Negeri 1 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation”, IAIN Bengkulu), 2019.
Wibowo, B. E. “Hubungan Penguasaan Struktur Kalimat Dan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Narasi”. Joyful Learning Journal, 6(2), 83-89, 2017.
Sukoyo, J. “Hubungan Penguasaan Kosakata dan Minat Membaca dengan Kemampuan Menulis Eksposisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa UNNES”. Lingua, 9(1), 2013.
Rahayu, L. T. A. I. “Hubungan minat membaca dan motivasi belajar dengan hasil belajar materi menulis karangan pada warga belajar kejar paket C di PKBM AL-Firdaus Kabupaten Serang”. J. Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(2), 2016.
Nugraha, A. P., Zulela, M. S., & Bintoro, T. “Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi”. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 19-29, 2018.