MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING

Main Article Content

Nita Hasnita

Abstract

Hasil observasi menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran daring oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam Kendari telah dilakukan pada semester sebelumnya (2019-2) namun belum maksimal karena ada beberapa mata kuliah secara substansi pokok bahasan membutuhkan banyak latihan/praktik yang oleh dosen belum mampu menyesuaikan pola pembelajaran dengan model pembelajaran secara daring, sehingga perubahan pola pembelajaran seperti ini berdampak signifikan kepada mahasiswa yang terbiasa menerima materi secara luring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Akuntansi pada mata kuliah Pengantar Akuntansi dengan menggunakan model blended learning. Penelitian dilakukan dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas (PTK). Analisis data meliputi aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar.Jika siswa mencapai lebih dari 70% dari ketuntasan hasil belajar 30 siswa, maka tentukan ketuntasan hasil tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model blended learning dengan menggunakan setting pembelajaran 2 putaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan mengamati hasil aktivitas siswa, 7 indikator deklaratif menunjukkan bahwa skor rata-rata pada siklus I adalah 70,57, dan skor rata-rata pada siklus II adalah 87,29. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 40,00% pada siklus I menjadi 90,00%, dan pada siklus 90,00% 2. Siswa memiliki respon yang sangat positif terhadap model pembelajaran campuran.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Hasnita, “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 544-547, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Farida, A., & Indah, R. P. (2018). Penerapan Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Critical Thinking Mahasiswa. Jurnal Derivat, 19-27.
Gunawan, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Melalui Pemanfaatan Fitur Aplikasi Zoom Di SD Negeri 77 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 152-163.
Lestari, P. B., & Hartati, T. A. (2020). Respon Mahasiswa dalam Pembelajaran Blended Learning pada Matakuliah Ilmu Gizi. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo (pp. 557-562). Malang: IKIP Budi Utomo.
Rohayati, S., & Fitrayati, D. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Direct Instructional Pada Matakuliah Pengantar Akuntansi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY (pp. 236-250). Yogyakarta: Pendidikan Ekonomi FE UNY.
Shofiyani, A., & Rahmawati, R. D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Melalaui Media Blended Learning Berbasis Edmodo. Jurnal Education and Development, 45-48.
Sofiana. (2015). Implementasi Blended Learning Pada Mata Kuliah Extensive Listening. Jurnal Tarbawi, 56-69.